Hati-hati Penipuan Meterai Palsu dan Kenali Ciri Meterai Asli


Seorang Agenpos tiba-tiba menelpon lalu menanyakan bahwa ada seseorang yang mengaku berasal dari kantorpos dan ingin menjual meterai dalam jumlah banyak. Hebatnya orang tersebut juga menjual dengan harga murah yang jauh dibawah nominal meterai tersebut. Kami langsung mengingatkan agenpos bahwa itu adalah Penipuan, yang dijual adalah meterai palsu dan tentu saja ini mengatasnamakan kantorpos.

Jika menemukan atau didatangi oleh orang yang menawarkan meterai dengan harga dibawah harga nominal, maka pastikan itu adalah meterai palsu.
Kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak membeli meterai palsu, selain akan merugikan secara financial, bisa juga nanti akan berdampak pada hukum penggunaan meterai palsu tersebut.

Untuk memudahkan kita mengenal orang yang melakukan penipuan meterai palsu, berikut adalah modus-modus yang digunakan oleh oknum yang menjual meterai palsu :
  1. Menjual dengan harga lebih murah dari nominal. Meterai 6000 dijual 4000, bahkan bisa lebih murah lagi jika membeli lebih banyak
  2. Mengatakan bahwa kantorpos sedang cuci gudang dan menghabiskan stok meterai lama
  3. Mengaku karyawan kantorpos bagian pemasaran atau bagian lain yang disuruh oleh atasan untuk menjual meterai palsunya
  4. Mengaku dari perusahaan lain atau kontraktor yang menjual stok meterai tidak terpakai
  5. Modus lainnya yang akan terus kami update
Intinya adalah orang yang melakukan penipuan ini berusaha menjual meterai palsu dengan harga yang lebih murah dari harga nominal. Jadi jika menemukan atau didatangi oleh orang yang menawarkan meterai dengan harga dibawah harga nominal, maka pastikan itu adalah meterai palsu.
Pemerintah dalam hal ini Dirjen Pajak dibawah Kementrian Keuangan sudah memberi petunjuk untuk mengenali ciri meterai yang asli. berikut kami kami kutip keterangan dari website http://www.pajak.go.id/content/article/kenali-ciri-meterai-yang-asli

Kenali Ciri Meterai yang Asli

Sudah hampir 4 bulan aturan tentang meterai tempel desain baru diterapkan. Aturan tersebut tertuang dalam PMK nomor 65/PMK.03/2014 tentang Bentuk, Ukuran dan Warna Benda Meterai, dimana mulai tanggal 1 April 2015 harus sudah memakai meterai desain baru. Perubahan meterai tempel desain baru untuk meningkatkan pengawasan peredaran meterai tempel, juga untuk mengurangi upaya pemalsuan meterai yang beredar di masyarakat.
Namun masih saja ada oknum yang tidak bertanggung jawab menjual meterai palsu dengan iming-iming harga murah sehingga masyarakat tertarik untuk membelinya. Mereka menjual baik lewat media internet, SMS maupun selebaran dengan iming-iming harga murah. Hal ini membuat masyarakat mengalami kerugian baik rugi atas pembelian meterai palsu, juga surat yang menggunakan meterai palsu tersebut.

Oleh karena itu marilah kita mengenali ciri-ciri meterai desain baru yang asli (lihat gambar di atas). Berdasarkan PMK nomor 65/PMK.03/2014, beberapa ciri meterai desain baru antara lain :
  1. Meterai tempel desain baru dengan nominal Rp 3.000,00 memiliki warna biru, sedangkan nominal Rp 6.000,00 memiliki warna hijau;
  2. Gambar garuda lambang Negara Republik Indonesia berada di pojok kanan atas dengan warna ungu;
  3. Teks “METERAI”, “TEMPEL” disebelah kiri gambar Garuda dengan warna ungu;
  4. Mikroteks “DITJEN PAJAK”, dibawah teks “TEMPEL”;
  5. Teks “TGL” dan angka “20” dibawah mikroteks “DITJEN PAJAK”;
  6. Teks nominal “3000” dan “6000” di pojok kiri bawah berwarna ungu;
  7. Teks “TIGA RIBU RUPIAH” DIBAWAH TEKS NOMINAL “3000” dengan warna ungu, teks “ENAM RIBU RUPIAH” DIBAWAH TEKS NOMINAL “6000” dengan warna ungu;
  8. Motif Roset blok berupa bunga berada di sebelah kanan bawah. Motif tersebut dapat berubah warna bila dimiringkan. Untuk nominal Rp. 3000,00 perubahan dari hijau ke biru, dan untuk nominal Rp. 6000,00 perubahannya dari magenta ke hijau;
  9. Memiliki 17 digit nomor seri berwarna hitam;
  10. Terhadap hologram di bagian kiri meterai tempel;
  11. Memiliki perforasi bentuk bintang pada bagian tengah di sisi kiri;
  12.  bentuk oval di sisi kanan dan kiri, dan bentuk bulat di semua sisi meterai.
Setelah mengetahui ciri-ciri meterai tempel desain baru tersebut, apabila anda akan membeli meterai tempel, harap diperhatikan ciri-cirinya. Jangan tergiur dengan tawaran harga murah yang menjual dibawah nilai nominalnya karena terindikasi meterai tempel yang dijual adalah meterai palsu. Meterai yang asli dijual sesuai dengan nilai nominalnya dan disebarluaskan oleh pemerintah melalui PT. Pos Indonesia. (Sumber : http://www.pajak.go.id/content/article/kenali-ciri-meterai-yang-asli)

Demikian artikel tentang kita harus Hati-hati Penipuan Meterai Palsu dan Kenali Ciri Meterai Asli

0 Response to "Hati-hati Penipuan Meterai Palsu dan Kenali Ciri Meterai Asli"

Post a Comment