Kenapa Kiriman Paket Saya Terlambat Sampai Melalui Kantorpos

Sahabat infokantorpos.com yang sedang menunggu kiriman paket atau mengirim paket ke alamat tujuan mungkin pernah mengalami bahwa paket yang dikirim tersebut terlambat sampai ke alamat penerima. Bagi sahabat yang menggunakan jasa kantorpos bisa menggunakan beberapa layanan kiriman paket untuk dalam negeri seperti :

  • Pos Express, untuk kiriman paket 1 hari sampai
  • Pos Kilat Khusus, untuk kiriman paket 2 - 4 sampai 
  • Pos Biasa, untuk kiriman paket 7 - 14 hari sampai 
  • Pos Jumbo Ekonomis, untuk kiriman paket 5 - 10 hari sampai
Kadang kiriman paket yang digunakan dengan layanan tersebut diatas tidak sampai pada waktu yang telah ditentukan dan ini bukan kesengajaan yang dilakukan oleh petugas kantorpos di bagian antaran namun bisa dijelaskan sebagai berikut.

Perjalanan Sebuah Paket

Untuk memahami kenapa paket yang dikirim terlambat ada baiknya kita lihat bagaimana perjalanan sebuah paket mulai dari dikirim melalui counter atau loket kantorpos sampai ke alamat tujuan atau penerima, secara umum di kantorpos proses tersebut di pahami sebagai CPTD (Collecting, Processing, Transporting dan Delivery)

#Paket Express dan Kilat Khusus

  • Paket diterima di loket kantorpos, jika berada di kantorpos cabang luar kota atau dalam kota, maka akan menunggu angkutan menjemput untuk nantinya dikumpulkan di kantorpos besar (kantorpos pusat) yang biasanya berada di Ibukota propinsi atau kabupaten.
  • Paket yang sudah diterima akan masuk proses (Processing) diproses ini paket akan diipilah sesuai kota tujuan dalam istilah pos di sortir, kemudian di bungkus dan masukan kedalam kantong dan kemudian akan menuju proses berikutnya.
  • Karena kiriman adalah Express atau Kilat Khusus maka biasanya akan dikirim dengan moda angkutan udara, proses ini disebut Transporting
  • Kiriman sampai di kota tujuan, dibawa dari bandara dan diolah lagi di kantorpos tujuan untuk nantinya diantar langsung ke alamat penerima yaitu proses DELIVERY.
Semua proses diatas menggunakan sistem tracking berbasis IT.

#Paket Pos Biasa

Prosesnya sama saja dengan Express dan Kilat Khusus, namun pada tahapan TRANSPORTING biasanya menggunakan moda transportasi angkutan Darat dan Laut (Jika itu antar Pulau)

Penyebab Keterlambatan Kiriman Paket

Nah setelah memahami perjalanan dari sebuah paket diatas maka dapat kita jelaskan kenapa kiriman paket yang sahabat kirim melalui pos terkadang mengalami keterlambatan.
  • Terlambat Dalam Proses Transportasi, ini adalah penyebab umum terjadinya keterlambatan, misalnya karena adanya pesawat delay berangkat, perubahan jadwal, kemacetan, kerusakan kendaraan, faktor cuaca dan lain-lain.
  • Terlambat karena alamat salah atau tidak lengkap dan tidak jelas, bayangkan disaat perkembangan penduduk yang semakin banyak, sistem pengalamatan dan nomor rumah yang tidak tertib dari pemerintah sementara perumahan semakin banyak seringkali rumah tanpa nomor hanya ada RT dan RW saja. Maka ini juga menjadi penyebab terlambatnya kiriman paket sahabat.
  • Salah salur, biasanya ini karena alamat yang tidak lengkap, misalnya saat kiriman dibuat hanya alamat Ibu kota propinsi padahal seharusnya tujuan kiriman itu adalah ke kabupaten. contoh, Ibu Desi Jl Kapten Hasan No. 101 Riau. Dengan alamat seperti ini maka paket akan diteruskan dahulu ke ibu kota propinsi yaitu pekanbaru, nanti setelah ditanya dan  mendapat konfirmasi baru diteruskan ke kota kabupaten misalnya ke Rengat.
  • Kiriman Gagal Xray, ini terjadi saat kiriman ternyata adalah benda yang dilarang dikirim melalui udara, misalnya seperti Power Bank, Bahan-bahan mudah meledak atau terbakar, bahan cair dalam jumlah banyak, farfume, tumbuhan yang tanpa surat karantina dan lainnya.
  • Pemeriksaan Bea Cukai, untuk kasus ini sering terjadi karena kiriman harus di cek dahulu oleh bea cukai dan biasanya berasal dari kiriman luar negeri. Saat volume kiriman berjumlah banyak maka dibutuhkan waktu yang lebih lama lagi dalam pemprosesannya.
  • Nomor Handphone tidak aktif, nomor handphone yang aktif sangat dibutuhkan untuk memudahkan bagian delivery atau pak pos mengantar surat ke alamat yang tidak jelas, atau saat diantar terkadang penerima tidak dirumah sehingga bisa di telpon terlebih dahulu. Jika telepon tidak aktif tentu saja jika ada kendala maka kiriman sahabat akan lambat sampai ke alamat.
Nah dari penjelasan diatas sahabat sudah memiliki gambaran kan Kenapa Kiriman Paket Saya Terlambat Sampai Melalui Kantorpos. Namun tentu saja tidak diam begitu saja, apa yang harus dilakukan saat kiriman kita terlambat ?
Berikut Tips dari infokantorpos.com jika kiriman terlambat :
  • Datangi kantorpos terdekat untuk menanyakan informasi kiriman sahabat, biasanya dalam satu kota terdapat beberapa cabang kantorpos kecil, sehingga sahabat bisa menanyakan kiriman tersebut.
  • Jika tidak dapat solusi yang memuaskan sahabat bisa datang langsung ke kantorpos pusat (kantorpos besar)
  • Kontak kantorpos juga bisa diakses online yaitu @posindonesia baik di Instagram, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya, dan yang paling mudah bisa kontak langsung di HALOPOS dengan akses 161 (Kode area telkom dan 161).
Demikian artikel kita kali ini mudah-mudahan bermanfaat, jangan lupa komen dan share artikel ini jika sahabat merasakan manfaatkan agar kawan-kawan kita yang lain juga tahu ilmu ini.

1 Response to "Kenapa Kiriman Paket Saya Terlambat Sampai Melalui Kantorpos"

  1. Xpress 1hari sampai...in dr tgl 1 smpai tgl 3 blm sampai....sy sampai mnjemput barang k kantor pos lgsg tp brg gak ada n dr phak pis g bs memberikan jwaban yg melegakan....mengecewakan!!!!

    ReplyDelete