Mana Yang Benar : Kantorpos atau Kantor Pos ?

Kadang kita sering melihat penulisan Kantorpos (digabung) atau Kantor Pos (dipisah), lalu mana yang benar penulisannya?  Kantorpos atau Kantor Pos ?. Pada Artikel ringan berikut mari kita ulas dua hal tersebut.

Yang benar adalah "kantor pos". "Kantor pos" merujuk pada institusi atau lembaga yang menyediakan layanan pengiriman surat, paket, dan layanan pos lainnya. Istilah ini umum digunakan untuk menyebut tempat fisik di mana orang dapat mengirim dan menerima surat dan paket.

"Kantorpos" adalah salah satu contoh dari kesalahan penulisan (tulisan tanpa spasi) yang umum terjadi dalam bahasa Indonesia. Penulisan yang benar adalah dengan menggunakan spasi, yaitu "kantor pos".

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD):

  1. Kantor: Merujuk pada suatu tempat atau ruangan yang digunakan untuk kegiatan administrasi, bisnis, atau pemerintahan. Kantor bisa berarti tempat kerja atau organisasi tertentu, seperti kantor pemerintah, kantor perusahaan, atau kantor cabang.
  2. Pos: Secara umum, pos merujuk pada sistem atau layanan pengiriman surat, paket, atau barang. Dalam konteks "kantor pos", pos mengacu pada lembaga atau tempat yang menyediakan layanan pengiriman surat dan paket, menerima pembayaran tagihan, dan memberikan layanan terkait seperti penjualan prangko, pengiriman uang, dan lain sebagainya.

Dalam penggunaan umum, "kantor pos" mengacu pada tempat fisik di mana pengiriman surat dan paket dilakukan.

Mungkin ada juga ditemukan pada Banner, Baliho, Reklame atau Papan Nama yang kata Kantor dan Pos di gabung seperti KANTORPOS. Kemungkinan ini hanya pertimbangan desain belaka sehingga tertancap di pemikiran yang melihat adanya Kantor Pos disana.

Nah, ke depan jangan salah lagi ya sahabat, yang benar adalah Kantor Pos. Mungkin sahabat juga melihat dalam artikel-artikel yang ada di web ini sering menggunakan kata Kantorpos, jadi mohon di maafkan. karena sudah terlalu banyak mimin tidak mungkin lagi merubah satu per satu. Jadi harap dimaklumi ya.

0 Response to "Mana Yang Benar : Kantorpos atau Kantor Pos ?"

Post a Comment