Cara Kirim Paket Senjata Tajam (Pedang, Keris, Samurai, Pisau) di Kantorpos

Gambar Hanya Ilustrasi

Apakah bisa mengirim senjata tajam lewat kantorpos? Jawabannya bisa! Namun perlu diingat dan dicatat senjata tajam yang dimaksud disini adalah dalam kategori tidak melanggar peraturan perundangan yang berlaku di Negera Republik Indonesia. Infokantorpos.com akan berbagi pengalaman mengirim Paket Senjata Tajam melalui Kantorpos, untuk itu silahkan simak cara mengirimnya yang benar.

Menurut peraturan perundangan yang berlaku berikut senjata tajam yang tidak termasuk dilarang adalah seperti alat-alat pertanian, seperti dodos, egrek, cangkul, sabit rumput, senjata tajam untuk keperluan pekerjaan rumah tangga ataupun barang-barang pusaka dan barang antik (Pedang antik, Keris pusaka, samurai antik, pisau kuno). Jadi Terbatas hal tersebut saja bukan untuk penggunaan senjata yang bisa melukai orang lain. 

Dengan berpedoman pada hal tersebut maka berikut cara kirim senjata tajam melalui kantorpos :

1. Dikirim Dengan Produk Apa ?

Menurut aturan IATA (International Air Transport Association) Senjata termasuk di dalamnya senjata tajam tidak diperbolehkan dikirim melalui Udara. Dan oleh Kantorpos pengiriman senjata tajam memungkinkan selama itu kategori tidak melanggar undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Untuk produk pengiriman yang tersedia di kantorpos untuk pengiriman bisa menggunakan Kilat Khusus, Paket Jumbo Ekonomis, Paket Pos Biasa yang kesemuanya adalah Moda Darat (Tidak bisa lewat udara), tentu jika antar pulau akan melalui laut.

Perbedaan dari produk layanan tersebut adalah di prioritas pengantaran kepada penerima dan waktu tempuhnya, jika kilat khusus 3 sd 5 hari, paket jumbo ekonomis, 6 sd 10 hari dan Paket Biasa 10 sd 15 hari.

2. Tata Cara Pengiriman

  • Kiriman Senjata Tajam Wajib di Packing Dengan Aman, Bilah Sajam Harus di Lapisi Kardus, Kemudian Di Balut Lagi dan Kalau Bisa Di Packing Dengan Kayu. Jika Kiriman dalam jumlah anyak maka Intinya Tidak Mungkin Terkoyak Selama dalam perjalanan dan membahayakan Pihak manapun (Paket lain, Petugas Bongkar Muat, Petugas Pos dan lainnya). Berat Kiriman akan dihitung sekaligus dengan Berat Packingnya.
  • Tulis Nama, Alamat Jelas, No HP Aktif Penerima di Bagian Tujuan. Kemudian Tulis Nama, Alamat dan No HP Pengirim Pada bagian Pengirim. Ingat No HP harus aktif untuk berjaga-jaga saat alamat yang dituju tidak ditempat atau tidak jelas.
  • Pelanggan mendatangi Kantorpos Terdekat untuk mengirim dan menginformasikan bahwa isi kirimannya adalah Senjata tajam. 
  • Petugas akan memeriksa dan memastikan kiriman tersebut aman untuk dikirim, jika perlu petugas akan membongkar kembali packing kiriman untuk memastikan kiriman tersebut itah aman. Petugas lanjut menimbang kiriman dan memberitahukan berapa ongkir yang harus dibayar oleh pelanggan.
  • Jika Pelanggan setuju maka Paket Senjata Tajam akan kemudian  diproses by sistem dan selanjut pelanggan membayar dan mendapatkan resi kiriman dari petugas loket kantorpos atau agenpos.
  • Perlu diingat Simpan Resi kiriman dengan baik, sampai paket tersebut betul-betul sampai ke tangan penerima, ini berguna jika suatu saat ada keperluan untuk komplain kiriman jika belum sampai atau terjadi masalah.
Berapa lama paket senjata tajam bisa sampai ke pelanggan ?

Ini tergantung dari produk yang dipilih dan juga wilayah yang dituju, estimasi sesuai dengan Jenis Produk yang dipilih yaitu :
  • Kilat Khusus (Darat) 3 - 6 Hari
  • Paket Jumbo Ekonomis 6 - 10 Hari
  • Paket Biasa 10 - 15 Hari
Semua produk menggunakan moda darat karena paket yang dikirim adalah Senjata Tajam yang perlu penanganan Khusus.

Senjata Tajam Seperti Apa Yang Bisa Dikirim ?
Sebagaimana telah disinggung di bagian awal artikel ini Senjata Tajam yang bisa dikirim adalah yang memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
  • Alat-alat Pertanian (Cangkul, Egrek Sawit, Dodos, Sabit Rumput, Dll)
  • Peralatan Rumah Tangga dan Usaha (Pisau Dapur, Pedang Untuk Sembelih Hewan Ternak, Pisau Daging dll)
  • Benda Antik atau Bersejarah (Keris Pusaka, Samurai Antik, Pedang Kuno dll)
Siapa Yang Boleh Mengirim ?
Pedagang Online, Masyarakat Umum dengan tujuan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Demikian artikel ini semoga menjadi referensi bagi kita semua jangan lupa di share kepada saudara kita yang lain agar mereka juga mengetahuinya.

0 Response to "Cara Kirim Paket Senjata Tajam (Pedang, Keris, Samurai, Pisau) di Kantorpos"

Post a Comment