Penyaluran Bantuan Pangan Beras Pemerintah Oleh Pos Indonesia di Kantorpos Pekanbaru dan Se Provinsi Riau

Pos Indonesia bekerja sama dengan Perum Bulog untuk mendistribusikan Bantuan Pangan Beras ke lebih dari 13 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia. Program ini dilakukan sebagai tindakan untuk menangani kerawanan pangan, stunting, dan mengendalikan dampak inflasi.

Source : posindonesia.co.id

Program ini telah berjalan sejak Maret 2023 dan diharapkan dapat tersalurkan sesuai jadwal. Pos Indonesia memastikan keamanan dan kualitas beras yang didistribusikan dengan melakukan sanitasi pada tiap armada dan memberlakukan asuransi. Pos Indonesia dipilih sebagai transporter terbesar dalam program ini karena memiliki kecepatan dan ketepatan dalam layanan pengiriman. Kepala Badan Pangan Nasional menyatakan bahwa kapabilitas dan armada yang dimiliki Pos Indonesia memadai untuk menjangkau seluruh daerah di Indonesia.

Direktur Utama Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi, menuturkan kesanggupan Pos Indonesia dalam menyalurkan bantuan pangan beras ini ke seluruh Indonesia.

“Efesiensi dan efektivitas merupakan kunci dalam mendistribusikan bansos ini. Pos Indonesia yang memiliki jaringan terluas di Indonesia siap membantu pemerintah untuk menyalurkan sebanyak lebih dari 132 juta kilogram beras ke KPM di seluruh negeri, termasuk ke wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal)” ujar Faizal.

Lebih lanjut, Pos Indonesia sebagai perusahaan BUMN logistik terbesar di Indonesia optimistis pendistribuan bansos ini akan tersalurkan sesuai jadwal. Hal ini disampaikan oleh Direktur Bisnis Kurir dan Logistik, Siti Choriana yang menjaminkan kondisi tersebut dapat tercapai karena jaringan serta kekuatan armada yang cukup massif.

Penunjukkan Pos Indonesia sebagai transporter terbesar dalam pendistribusian bantuan pangan ini bukanlah tanpa alasan. Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, menjelaskan bahwasannya pihaknya telah melakukan pengujian terhadap kecepatan dan ketepatan dari layanan pengiriman yang dilakukan oleh Pos Indonesia.

Source : posindonesia.co.id

“Kami sudah melakukan uji pengiriman berkali-kali terhadap layanan Pos Indonesia. Seperti yang kita ketahui, surat saja bisa sampai ke tujuan meskipun ke pedalaman, apalagi beras yang bentuknya terlihat sangat jelas, jadi kami pastikan sampai,” ujar pria yang akrab disapa Buwas.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, mengatakan kapabilitas terutama armada yang dimiliki Pos Indonesia dalam menjangkau seluruh daerah dalam menyalurkan bantuan pangan ini sangatlah memadai.

“Pos indonesia memiliki armada yang cukup lengkap, termasuk adanya kurir yang menggunakan motor sehingga mau titik di mana pun di Indonesia pasti bantuan tersebut dapat dijangkau,”  pungkas Arief.

Penyaluran Bantuan Pangan Beras Pemerintah di Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau

Secara Serentak di mulai dari Tanggal 6 April 2023, termasuk di Kantorpos Pekanbaru, Kab Siak, Kab Kampar dan menyusul pada hari berikutnya di beberapa kabupaten lainnya. Kemudian secara bertahap sesuai Jadwal akan di lakukan penyaluran pada titik serah yang telah disepakati dengan aparat pemerintahan setempat dengan berkoordinasi juga bersama Dinas Sosial dan Pemda.


Setiap KPM Mendapatkan 10 Kg Beras pada saat penyaluran, sedang syarat pengambilan Cukup dengan melihatkan KTP dan mencocokan data yang ada pada Sistem Kantorpos.

Adapun Alokasi sebanyak 319.133 KPM dengan Jumlah per kabupaten adalah sebanyak :

  • BENGKALIS 26.886 KPM
  • INDRAGIRI HILIR 32.129 KPM
  • INDRAGIRI HULU 22.699 KPM
  • KAMPAR 48.828 KPM
  • KEPULAUAN MERANTI 32.313 KPM
  • KOTA DUMAI 14.915 KPM
  • KOTA PEKANBARU 21.222 KPM
  • KUANTAN SINGINGI 22.141 KPM
  • PELALAWAN 14.042 KPM
  • ROKAN HILIR 38.011 KPM
  • ROKAN HULU 25.859 KPM
  • SIAK 18.098 KPM
Penyaluran di lakukan dengan mendistribusikan Beras dari Gudang Bulog terdekat di Titik Penyerahan oleh Armada Pos, selanjutnya pada lokasi tersebut Petugas Kantorpos akan bertemu dengan KPM, memverikasi data penerima, jika valid maka KPM akan menerima beras tersebut.

Bagaimana Cara Cek Penerima Bantuan Beras Pemerintah ?


Bagi sahabat yang ingin mengetahui apakah mendapatkan bantuan beras dari Pemerintah khusus daerah Provinsi Riau dapat men cek nama-nama dengan cara sebagai berikut :

  • Menanyakan pada pada Tenaga Sosial Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), biasanya tenaga TKSK telah mendapatkan data valid dari Kantorpos.
  • Mendatangi Kantorpos Pusat (Provinsi, Kabupaten), biasanya disini tersedia data KPM penerima bantuan.
  • Data juga bisa di cek pada link berikut ini : , namun data tersebut tetap harus melalui proses verifikasi oleh Petugas TKSK dan Kantorpos saat dilakukan penyerahan Beras Bantuan.
Demikian artikel ini semoga dapat menjadi referensi bagi Sahabat infokantorpos.com jika ada kritik, saran dan hal yang ingin di diskusikan bisa langsung di bagian kolom komentar.

0 Response to "Penyaluran Bantuan Pangan Beras Pemerintah Oleh Pos Indonesia di Kantorpos Pekanbaru dan Se Provinsi Riau"

Post a Comment