Cara Mudah Kirim Paket Ke Luar Negeri Lewat Kantor Pos

Mengirim Paket ke Luar Negeri semakin mudah dengan menggunakan jasa Kantorpos. Selain aman, pengiriman paket tersebut juga bisa dilacak melalui internet yang bisa diakses dari seluruh perangkat baik itu smartphone, tablet, Laptop dan Komputer.
image from staples.co.uk

Kenapa Mengirim Melalui Kantorpos?

Mengirim paket untuk luar negeri ke negara mana saja di dunia bisa dilakukan melalui kantorpos, karena hampir seluruh negara di dunia memiliki kantorpos dan tentu saja setiap kantorpos tersebut memiliki hubungan kerjasama yang tergabung dalam satu organisasi yaitu UPU (Universal Postal Union). Nah berikut alasan kenapa harus mengirim melalui kantorpos ke luar negeri :
  1. Mempunyai Jaringan Terluas di Seluruh Dunia
  2. Mudah di lacak dan diketahui dimana keberadaan paket yang dikirim tersebut
  3. Produk ber variasi bisa yang premium seperti EMS dengan waktu tempuh kiriman 3 sampai dengan 5 hari, atau bisa juga yang biasa Seperti paket cepat luar negeri 10 sampai dengan 20 hari, atau paket biasa lewat laut yang berkisar 30 hari, jika berat kiriman dibawah 2 kg, bisa juga menggunakan kiriman tercatat atau registered mail.

Berikut Tahapan Cara Mengirim Paket Ke Luar Negeri

A. Pengirim Menyiapkan Kiriman Paketnya

  1. Barang yang dikirim tidak boleh barang terlarang yang melanggar undang-undang dan aturan penerbangan
  2. Kiriman di Packing rapi boleh di dalam box karton atau kalau memang dibutuhkan di packing pakai kayu atau stereofoam
  3. Menuliskan Nama, Alamat Lengkap dan No HP penerima. Juga menuliskan Nama, Alamat Lengkap dan No HP Pengirim

B. Pengirim Datang Ke Kantorpos atau Agenpos Terdekat


  1. Beritahukan kepada petugas counter kantorpos  bahwa kiriman tersebut adalah kiriman untuk keluar negeri
  2. Petugas akan menimbang, menanyakan negara tujuan, isi barang dan nilai barang. Jika tidak ada permasalahan atau dibutuhkan penanganan khusus akan dilanjutkan kepada pemilihan jenis produk.
  3. Petugas akan menginformasikan tarif per jenis produk kemudian menyerahkan formulir pengiriman untuk di isi secara lengkap oleh pelanggan atau pengirim yang datang ke kantorpos (Baca Juga : Beberapa Hal yang perlu diperhatikan dalam Pengiriman Paket Keluar Negeri)
  4. Setelah formulir diisi lengkap Kiriman akan diinput ke sistem kantorpos, petugas menyampaikan jumlah yang harus dibayar oleh pengirim. Kemudian pengirim membayar sesuai ongkos kirim yang tertera pada resi kiriman luar negeri.

C. Tips dan Trik Mengirim Paket Ke Luar Negeri

  1. Sahabat harus mengetahui kiriman yang tidak boleh dikirim melalui udara sesuai aturan dari IATA (Baca Juga : Barang-barang yang DILARANG Pengirimannya Melalui Angkutan Udara)
  2. Tulislah dengan lengkap Keterangan kiriman sesuai dengan kiriman yang sebenarnya, misalnya jika ada Handphone atau makanan, maka tulis dengan nama makanan tersebut dan berbahasa Inggris, jangan di sembunyikan, karena jika hilang komplain tidak akan dilayani oleh negara tujuan.
  3. Untuk kiriman yang beresiko pecah atau rusak, pastikan sudah di lengkapi dengan pengaman yang cukup
  4. Setelah mengirim pastikan sahabat menyimpan nomor kiriman atau barcode untuk nantinya bisa dilacak keberadaannya dan sebagai dasar komplain jika ada masalah
Jadi mudah sekali yah... ringkasnya mengirim paket keluar negeri adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan Paketnya
  2. Datang Ke kantorpos, petugas akan cek dan kirim paketnya
  3. Bayar Ongkos Kirim dan Simpan Resinya

0 Response to "Cara Mudah Kirim Paket Ke Luar Negeri Lewat Kantor Pos"

Post a Comment