Cara Menerima atau Cairkan Uang Kiriman Luar Negeri Dengan Layanan RIA Money Transfer di Kantorpos

Untuk memudahkan pelanggan mengambil atau menerima kiriman uang dari luar negeri melalui RIA Money Transfer maka Kantorpos bersama dengan PT RIA Money Transfer telah melakukan kerjasama penerimaan pencairan kiriman uang dari luar negeri sejak awal tahun 2020. Layanan pembayaran kiriman uang itu disebut WI RIA Money Transfer.




Sekilas RIA Money Transfer

  • Sama hal nya dengan operator money transfer yang lain, maka RIA didirikan diluar negeri tepatnya di Kota New York pada tahun 1987 dengan satu tujuan yaitu membantu orang untuk mengirim uang ke keluarga yang mereka cintai.
  • Tahun 1993 sampai dengan 2006 Ria Money Transfer mengembangkan Usahanya ke Spanyo, Italia, Inggris, Jerman, Belgia dan Swiss.
  • Tahun 2007 RIA di akuisisi oleh Euronet Wordwide sebuah perusahaan terkemuka dalam proses keamanan dan transaksi keuangan elektronik.
  • 2010 sampai dengan 2011 Ria berekspansi ke India dan Senegal
  • 2012 Ria Money Transfer sudah bisa akses secara online
  • 2014 menjalin kerjasama dengan Walmart dengan membuat  layananWalmart-2-Walmart transfer uang domestik. Kemudian juga Euronet mengakuisisi HiFX, perusahaan pialang luar negeri yang berbasis di Inggris dan juga Provider pembayaran.
  • 2016 Kerjasama dengan walmart dikembangkan ke Cili melalui Merek Lider Supermarket
  • Tahun 2017 RIA merayakan 30 tahun berdirinya dan pembukaan tempat pencairan atau pembayaran baru di India, kemudian juga pembukaan Asda Money Transfer yang di dukung oleh Ria di Inggris.
  • Tahun 2019 dan seterusnya Ria terus mengembangkan di lebih banyak lokasi dan kerjasama baru untuk terus bisa melayani pelanggan di seluruh dunia. 
Sampai saat artikel ini dibuat Ria Money Transfer telah memiliki Jaringan diseluruh dunia Sebanyak 447.000 lebih di 160 Negara. (Sumber : https://www.riamoneytransfer.com)

Dengan keunggulan yang dimiliki oleh Ria Money Transfer yang sudah mendunia maka PT Pos Indonesia (Persero) sebagai salah satu BUMN yang terpercaya dan telah bergerak di bidang jasa keuangan dan berpengalaman juga menjalin kerjasama pembayaran money transfer Ria dimana layanan tersebut Efektif berlaku Tanggal 20 Nopember 2020 di seluruh Kantorpos Online di Indonesia.


Bagaimana Cara Mengambil Uang WI RIA Money Transfer di Kantorpos ?

Untuk mengambil yang dikirim dari luar negeri menggunakan Layanan Ria Money Transfer di Kantorpos adalah sangat mudah, sahabat semua tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pelanggan memastikan :
    • Menerima uang dari pihak yang dikenal
    • Nama yang tertera di sistem adalah sesuai dengan kartu pengenal yang valid
    • Uang bukan berasal dari penipuan, pencucian uang yang dan kegiatan yang melanggar hukum lainnya
  2. Pelanggan Datang Ke Kantorpos dan mengisi formulir serbaguna yaitu formulir penarikan Kiriman Weselpos/Remittance
    • Formulir di Isi sesuai dengan data yang dibutuhkan
    • Pelanggan membawa kartu identitas asli (KTP, SIM, PASPOR, UNHCR, KITAS/KITAP atau Surat Keterangan Perekaman KTP-el disertai menunjukkan kartu keluarga/KK) dan melampirkan fotocopy nya.
    • Menyerahkan kepada petugas Kantorpos untuk diproses lebih lanjut.
    • Apabila KTP tidak sesuai dengan domisili maka wajib melengkapi dengan tanda pengenal lain.
  3. Pelanggan sebagai penerima menunjukkan nomor PIN (Personal Identification Number) yaitu terdiri dari 11 digit dengan format angka, contoh 12345678913. PIN ini bersifat rahasia hanya diketahui oleh pengirim dan penerima saja.
  4. Petugas kantorpos akan memeriksa dan mencocokan dengan sistem dan data pengenal pengirim. Jika cocok maka akan dibayarkan uang WI RIA tersebut ke pelanggan.
  5. Selesai.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menerima uang melalui RIA Money Transfer :

  • Data penerima wajib cocok dengan data di sistem Ria Money Transfer, tidak boleh salah walaupun hanya 1 huruf saja
  • Penerima wajib membawa dokumen pengenal asli seperti EKTP, SIM, Paspor, KITAS/KITAP, UNHCR Surat Keterangan Perekaman KTP-el disertai menunjukkan kartu keluarga/KK) dan melampirkan fotocopy nya.
  • Pembayaran tidak boleh diwakilkan kepada orang lain atau dititipkan kepada pihak ketika. Jadi penerima wajib datang ke loket-loket kantorpos dan  mengikuti prosedur pembayaran yang ditetapkan oleh kantorpos
  • Besar uang maksimal per 1 kali pembayaran adalah Rp 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah)
Demikian artikel mengenai Menerima Kiriman Uang Luar Negeri Dengan Layanan WI RIA di Kantorpos sehingga dapat memudahkan sahabat yang menerima kiriman uang dari luar negeri di Kantorpos.


10 Responses to "Cara Menerima atau Cairkan Uang Kiriman Luar Negeri Dengan Layanan RIA Money Transfer di Kantorpos"

  1. Kiriman sya sudah 2 hari dicek blum masuk jga gimana cara pengaduanya..

    ReplyDelete
  2. Kalo ktp bekasi ambil kiriman dibogor,apa harus ada identitas tambahan???kalo gak punya tambahan artinya harus kebekasi ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kiriman uang dari luar negeri lumayan ketat aturannya... Sebaiknya diambil di lokasi di mana KTP Berada atau boleh bawa juga identitas pendamping.. selamat mencoba

      Delete
  3. Nama kota apakah harus sesuai dengan id, id saya dari jogja tapi saya tinggal di jakarta , jika saya tulis nama kota jakarta apa kah bisa

    ReplyDelete
  4. saya suda coba kantor pos pun gk bisa d suruh k bni

    ReplyDelete
  5. Saya dpt kiriman dr luar negri, tp urutan nama kebalik, jd harus ubah nama. Tp waktu orangbyg krm mw ubah nama trnyata disistem tertulis bahwa uang trsebut sdh diambil. Pdhl sy blm ambil sama skli krn nama tidak sesuai identitas

    ReplyDelete
  6. Saya kok gk bisa ambil di kantor pos

    ReplyDelete
  7. Ria apakah sudah bekerja sama dengan bank lokal di indonesia?

    ReplyDelete
  8. saya juga udah 2 hari kenapa ya susah di ambil transferan dari ria money transfer saudi arabia

    ReplyDelete