Cara Kirim Lukisan di Kantorpos dan Agenpos

Lukisan adalah benda seni yang tidak ternilai harganya. Dengan perkembangan teknologi saat ini lukisan sudah sangat mudah untuk didapatkan karena bisa dijual secara online di seluruh dunia, tidak ada batasan lagi harus melakukan transaksi di galeri seni saja. 


Salah satu metode pengiriman lukisan yang sangat bagus adalah mengirim melalui kantorpos, kenapa harus lewat kantorpos karena memiliki jaringan paling luas jangkauannya tersebar di seluruh pelosok negeri dan juga memiliki pengalaman ratusan tahun.


Untuk mengirim lukisan melalui kantorpos dan agenpos sahabat infokantorpos.com dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Proses Persiapan dan Packing Lukisan 

Untuk Lukisan yang tidak memakai Frame/Bingkai sahabat bisa mempedomani pada artikel berikut ini :

Cara Kirim Poster/Lukisan Jualan Online Lewat Kantorpos dan Agenpos Dengan Paralon

Pada artikel ini kita membahas lukisan yang sudah dilengkapi dengan frame/bingkai dimana dibutuhkan proses persiapan dan packing pada lukisan. 


Lukisan dengan bingkai dan frame sangat rentan rusak yaitu : pecah kaca, patah bingkai atau yang terburuk koyak lukisannya. Untuk itu perlu penanganan khusus agar lukisan tersebut bisa aman sampai ke tujuan dan penerima, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pengirim atau seller :

  • Letakkan lukisan di tempat yang betul-betul datar, rata dan stabil.
  • Pada bagian kaca beri isolasi atau selotip yang melintang sepanjang tinggi dan lebar kaca, tujuannya jika kaca pecah masih tetap menempel di selotip tersebut.
  • Lapisi lukisan menggunakan karton atau kardus yang tebal jika perlu pakai streoform.
  • Untuk lebih memastikan lapisi lagi dengan bubblewarp (plastik yang ada gelembung-gelembungnya)
  • Lakukan ujicoba dengan menggoyang sedikit packing lukisan tersebut, jika masih ada yang goyang atau bergerak lakukan penambahan ganjalan bisa dengan kertas atau bublewarp
  • Lalu tutup kotak dan beri lapisan lebih dibagian sudut bingkai
  • Tulis atau tempel paket dengan stiker "Benda Mudah Pecah / Fragile" di setiap sisi kotak
  • INI PALING PENTING - Usahakan memberi packing kayu.
Dengan demikian proses persiapan dan packing lukisan telah selesai, selanjutnya adalah proses mengirim ke Kantorpos.

2. Proses Mengirim Paket Lukisan Ke Kantorpos dan Agenpos

  • Pelanggan mendatangi kantorpos dan agenpos terdekat untuk mengirim lukisan
  • Pelanggan memberitahukan bahwa kiriman adalah lukisan dengan bingkai dan ada kacanya
  • Petugas akan memproses kiriman, menimbang berat, input kota tujuan dan memberikan info ongkir nya. Pelanggan bisa memilih dikirim dengan udara atau darat (Ini sesuai dengan aturan masing-masing transportasi)
  • Jika pelanggan setuju maka petugas meminta sejumlah uang ongkir dan memproses input data.
  • Petugas akan memberikan resi kepada pelanggan dan Kiriman lukisan selesai diproses untuk diteruskan kepada penerima.
Beberapa hal yang perlu di perhatikan :
  1. Kemungkinan besar kiriman lukisan yang memakai bingkai dan memiliki kaca sangat rentan (beresiko) untuk pecah, untuk itu asuransi atau jaminan kerusakan kiriman kemunginan tidak berlaku di kantorpos. Maka pengiriman, seller atau pelanggan wajib membuat packing se aman mungkin agar kiriman lukisannya tidak rusak atau merusakan kiriman lain.
  2. Jika tidak bisa mempacking pakai kayu, maka proses packing bisa dibayar di Kantorpos dimana lukisan itu dikirim. Karena bisanya kantorpos menyediakan layanan packing kayu.
  3. Untuk kiriman yang akan dikirim via udara tentu harus mengikuti ketentuan dan peraturan dari pihak maskapai penerbangan.
Semoga dapat memberikan referensi bagi sahabat yang ingin mengirim lukisan di Kantorpos dan Agenpos. Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar.

0 Response to "Cara Kirim Lukisan di Kantorpos dan Agenpos"

Post a Comment