Cara Mudah Beli Token Listrik PLN di Kantorpos dan Agenpos



Mungkin masih ada yang belum tahu bahwa Token Listrik PLN bisa dibeli dengan mudah di kantorpos atau agenpos terdekat. Untuk membeli Token listrik pelanggan hanya menunjukkan nomor pelanggan listrik atau ID PEL atau bisa juga nomor meteran listrik. 

Salah satu keunggulan membeli token listrik di kantorpos adalah proses yang mudah dan cepat, apalagi sekarang agenpos sudah tersebar sangat banyak dan aplikasi yang digunakan tidak hanya bisa di komputer namun juga bisa menggunakan android, sehingga semakin memudahkan masyarakat untuk membeli token listrik dimanapun dan kapanpun.

Berikut Cara Mudah Beli Token Listrik PLN di Kantorpos dan Agenpos :

  1. Pelanggan datang ke kantorpos atau agenpos
  2. Pelanggan memberitahu ingin membeli token dengan nominal yang dibutuhkan dan menunjukkan nomor IDPEL atau Nomor Meteran Listrik PLN nya.
  3. Petugas Kantorpos atau Agenpos akan menginput data dan mengkonfirmasi nama pemilik Rekening Listrik PLN yang akan diisi Tokennya dan memilih sesuai nominal yang dibutuhkan oleh pelanggan.
  4. Petugas meminta sejumlah uang sesuai nominal ditambah dengan biaya admin
  5. Setelah pelanggan membayar maka petugas akan menyerahkan Nomor TOKEN PLN pada resi bukti pembelian pada pelanggan, jika ada kembalian uang maka akan dikembalikan sekaligus.
  6. Selesai. Pelanggan bisa langsung memasukkan nomor Token yang ada di resi Kantorpos ke Meteran PLN nya.
Salah satu mekanisme berlangganan listrik PLN saat ini adalah dengan listrik pintar (listrik prabayar), selain mekanisme pasca bayar yang sudah ada sebelumnya. Layanan listrik pintar tersebut diciptakan untuk memudahkan pelanggan mengatur penggunaan dan anggaran biaya listriknya sendiri. Disamping itu layanan listrik pintar juga untuk merespon berbagai keluhan pelanggan seperti catat meter kurang akurat, rekening melonjak, privacy terganggu karena didatangi petugas catat meter, dikenakan sanksi pemutusan karena lupa atau telat bayar rekening listrik. Dengan layanan prabayar maka berbagai keluhan tersebut  hilang dengan sendirinya.
Tarif listrik prabayar PLN adalah sama dengan tarif listrik pasca bayar. Sebagai contoh, untuk pelanggan rumah tangga (R1) daya 1.300 VA maka tarif pemakaian sama yaitu Rp. 1.352 per kWh (kilo Watt hour). Besarnya tarif listrik bisa dilihat di www.pln.co.id. Keuntungan layanan prabayar, pelanggan tidak dikenakan rekening minimum seperti yang dikenakan pada pelanggan pasca bayar sehingga apa yang dibayar pelanggan betul-betul sesuai pemakaiannya. Jika pelanggan tidak menggunakan listrik maka saldo kWh tidak akan berkurang.
Contoh perhitungan pembelian token (pulsa isi ulang) listrik prabayar R1 daya 1.300 VA, dengan asumsi pelanggan membeli Rp. 100.000,- adalah sebagai berikut :
Pembelian:Rp. 100.000,-
Administrasi:Rp. 3.000,- (administrasi bank merupakan kewenangan masing-masing bank dan jumlahnya bervariasi. angka Rp. 3.000 tersebut sebagai contoh)
Pajak Penerangan Jalan (PPJ):Rp.  2.297,- (tariff PPJ ditentukan oleh Pemda besarnya bervariasi. Untuk pelanggan rumah tangga wilayah Jakarta tariff PPJ adalah 2.4 %)
Rupiah token:Rp.  95.703,-
Jumlah token:70.8 kWh (Rp 95.703,- : Rp. 1.352,-).

Jadi silahkan bagi sahabat infokantorpos.com yang ingin membeli Token Listrik PLN sangat mudah dilakukan di Kantorpos dan agenpos terdekat di rumah sahabat. 

0 Response to "Cara Mudah Beli Token Listrik PLN di Kantorpos dan Agenpos"

Post a Comment