Tata Cara Paling Mudah Mengirim Surat Lewat Pos Indonesia

Dengan kemajuan teknologi orang terkadang tidak lagi perlu mengirim surat, sekarang ini email, kirim pesan via chat di wa, line atau telegram saja sudah cukup, bahkan untuk surat-surat resmi terkadang orang hanya butuh foto atau scannya saja. Itu semua bisa menjadi pengganti surat dalam bentuk fisik. Kalau dulu kita harus ke pos mengirim dokumen, sekarang sudah banyak pilihan lain dan itupun sangat beragam. 

Namun tahukah sahabat ternyata dokumen-dokumen penting pribadi maupun instansi, bahkan dokumen yang bertujuan hanya untuk sekedar pemasaran masih sangat sering dikirim melalui Pos Indonesia. 

Lalu kenapa kantorpos bisa dijadikan pilihan utama untuk mengirim surat? 

Alasannya adalah sebagai berikut :
  1. Dikelola Oleh BUMN artinya ini bukan milik orang pribadi tapi milik negara dan tentu saja keuntungan yang diperoleh adalah untuk negara dan pergunakan sepenuhnya untuk seluruh rakyat Indonesia.
  2. Memiliki Produk yang beragam, Pos Express (1 Hari sampai), Kilat Khusus (2 sd 4 hari), bahkan prangko
  3. Bisa dilacak secara online
  4. Bisa diasuransikan agar lebih terjamin, aman dan tidak mahal
Mari kita jelaskan sedikit, mengirim dokumen penting kini terasa lebih mudah dengan berbagai layanan produk dari Pos Indonesia. Aman dan terpercaya, dokumen pribadi atau instansi baik itu rahasia ataupun tidak pasti selamat sampai tujuan. Dengan Jumlah titik layanan (Point of Sales) Pos Indonesia yang mencapai 58.700 titik dalam bentuk Pos Indonesia, Agenpos, Mobile Postal Service, dan lain-lain. Pos Indonesia memiliki jaringan yang dedicated, sistem distribusi yang handal, Track and Trace, layanan yang prima, kecepatan, ketepatan,  serta harga yang kompetitif. Pos Indonesia merupakan tempat strategis  untuk transaksi penjualan dan atau distribusi barang dan jasa. Apa sajakah jenis produk kiriman khusus dokumen di Pos Indonesia tersebut?

1. Pos Express

Pos Express memiliki waktu tempuh maksimal 1 hari sampai dan ini merupakan layanan premium milik Pos Indonesia untuk pengiriman cepat dan aman dengan jangkauan luas ke seluruh wilayah Indonesia. Layanan ini menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk mengirim dokumen. Untuk saat ini sudah meliputi kota-kota besar diseluruh Indonesia

2. Kilat Khusus

Kilat Khusus memiliki waktu tempuh maksimal 2 sd 4 hari untuk kota-kota besar dan 4 sd 7 hari untuk kota-kota kabupaten dan kecamatan. Kilat Khusus seperti namanya adalah layanan pengirim cepat dokumen dan paket dengan jangkauan paling luas diseluruh Indonesia bahkan sampai ke pelosok Negeri, Kecamatan dan Desa-desa. Layanan ini berada dibawah pos express dan lebih ekonomis.

3. Express Mail Service (EMS)

Layanan pengiriman surat atau barang keluar negeri dengan standar waktu penyampaian maksimum H+5 dalam jaringan internasional terbatas pada negara-negara yang masuk jaringan EMS. Jaringan EMS menjangkau lebih dari 230 negara yang terus akan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.

4. Surat Pos Biasa

Surat Pos Biasa Merupakan Layanan pengiriman dokumen, surat, dan kartupos untuk semua lapisan masyarakat menggunakan prangko sesuai dengan tarif yang berlaku untuk wilayah tertentu. Kemudahan akses dan jangkauan pelayanan.  Surat Pos Biasa dapat dikirim melalui loket Pos Indonesia mana saja.


Cara kirim dokumen atau surat tersebut sangatlah mudah. Untuk dapat lebih jelas bagaimana cara kirim dokumen yang benar lewat Pos Indonesia, berikut ini langkah-langkahnya:


  • Cara pertama pastikan kiriman surat atau dokumen sudah di masukkan kedalam amplop dan diberi alamat lengkap penerima dan pengirim.
  • Sahabat selanjutnya mendatangi Pos Indonesia terdekat. Segera ambil antrian setelahnya, atau tidak ada nomor antrian dan bisa langsung ke meja Pegawai untuk mengirim surat tersebut.
  • Selanjutnya pegawai Pos Indonesia akan menerima surat sahabat dan menimbangnya lalu membuka menu pengiriman barang di komputer, lalu menanyakan alamat tujuan secara detil. Sebutkan juga kode posnya agar lebih cepat. Setelah itu, petugas juga akan meminta identitas pengirim paket (biasanya KTP) untuk diinput ke dalam formulir pengiriman paket di komputer.
  • Jika sahabat memilih layanan Pos Express atau kilat khusus tanpa perangko, umumnya dokumen tersebut sampai di tujuan pada hari berikutnya. Namun usahakan tidak datang ke Pos Indonesia lewat dari jam 12 siang. Sebab jika lewat dari jam tersebut, dokumen Anda akan dikirim pada hari berikutnya. Layanan kilat sangat dianjurkan untuk dokumen penting agar cepat sampai tujuan.
  • Setelah data selesai diinput dengan benar, maka beradasarkan hasil kalkulasi biaya pengiriman pun akan muncul dan petugas loket pos akan menginfokan kepada anda. Contoh, jika barang yang dikirim adalah STNK dengan nilai barang Rp. 120.000,- kemudian dikirim dari Pekanbaru ke Padang, maka kalkulasi biaya pengiriman yang muncul adalah seharga Rp. 18.000,-. Biaya pengiriman ini berbeda-beda, tergantung nilai barang dan jarak tempuh antar kota atau negara tujuan Anda.
  • Selesai langkah akhir sahabat tinggal melakukan pembayaran sesuai nominal yang diminta. Lalu, jangan lupa simpan nomor resi pengiriman yang diberikan berupa barcode atau nomor resi. Resi pengiriman tersebut berisi nomor yang bisa Anda pakai untuk melacak keberadaan dokumen setelah dikirim nantinya dan pelacakan bisa dilakukan www.posindonesia.co.id


Semua proses pengiriman surat tersebut tidaklah memakan waktu yang lama hanya kurang lebih 4 sampai dengan 8 menit. Karena sudah dengan sistem aplikasi online, serta kabar baiknya layanan itu sudah bisa dilakukan di agenpos sehingga sahabat tidak perlu lagi jauh-jauh. Itulah artikel Tata Cara Paling Mudah Mengirim Surat Lewat Pos Indonesia.
Masih mau cari yang lain? wah tidak perlu lagi cukup gunakan Pos Indonesia dan kiriman surat anda akan di antar ke seluruh pelosok Indonesia.

0 Response to "Tata Cara Paling Mudah Mengirim Surat Lewat Pos Indonesia"

Post a Comment