Cara Ambil Kiriman COD di Kantorpos

Pernah pesan barang atau membeli kebutuhan secara online? Lalu metode pengirimannya menggunakan COD Kantorpos? Tentunya ini sudah sering dilakukan oleh sahabat kantorpos, mulai dari kiriman Elektronik, Pakaian, Sepatu, Obat-obatan, Suplemen bahkan sampai ke bibit tanaman bisa di order secara online dan pengirimannya menggunakan COD Kantorpos. Pertanyaan selanjutnya apakah boleh saya jemput sendiri paket tersebut? Bagaimana cara ambil kiriman COD di Kantorpos? Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut penjelasannya.

Source : shiprocket.in

COD Kantorpos adalah suatu fasilitas pengiriman barang atau produk belanjaan online dimana pembeli tidak langsung membayar kepada penjualnya. Pembeli akan membayar langsung saat kiriman telah dia terima dari kurir dalam hal ini petugas kantorpos, kemudian petugas kantorpos akan membayar uang pembelian tersebut kepada penjual secara tersistem. 

Alur pengiriman barang COD Kantorpos sama saja dengan fasilitas lainnya seperti kilat khusus, pos express dan produk layanan jasa kurir kantorpos lainnya yaitu pada tahap akhir petugas pos atau pak pos akan mengantar kiriman langsung kepada penerima sesuai alamat yang tertera di paket COD. Namun satu perbedaannya yaitu dalam sistem COD ini petugas kantorpos akan menagih sejumlah uang kepada pembeli saat barang atau produk diserahkan.

Ada kalanya pembeli harus mengambil sendiri kiriman COD tersebut di Kantorpos disebabkan oleh beberapa alasan sebagai berikut :
  • Saat diantar pembeli atau penerima paket COD tidak ada dirumah dan pak pos meninggalkan pesan barang bisa diambil langsung ke kantorpos
  • Penerima sudah pindah alamat dan ingin langsung mengambil sendiri ke kantorpos
  • Alamat tidak dikenal atau ada kesalahan dalam input alamat saat belanja online sehingga pak pos kesulitan mencari alamat.
  • Berdasarkan pembicaraan telepon dengan petugas kantorpos bahwa penerima ingin menjemput sendiri.
  • Dan alasan lainnya yang menyebabkan kiriman COD harus dijemput sendiri.
Dengan alasan tersebut diatas berikut penjelasan cara yang paling mudah untuk mengambil kiriman COD di Kantorpos :
  1. Pastikan sahabat memilih fasilitas COD kantorpos saat melakukan pembelian atau bisa ditanyakan kepada penjual online apakah tersedia fitur COD kantorpos.
  2. Meminta nomor resi pengiriman paket yang dikirim oleh penjual
  3. Datang ke Kantorpos terdekat dan menanyakan kepada petugas paket yang dikirim untuk sahabat sekaligus memperlihatkan nomor resi yang didapat dari penjual
  4. Petugas Pos akan melakukan pengecekan apakah kiriman tersebut sudah sampai dan berada di kantorpos.
  5. Jika kiriman sudah berada di kantorpos maka kiriman tersebut akan diserahkan dan sahabat melakukan pembayaran langsung Kiriman COD tersebut kepada petugas.
  6. Paket akan diserahkan dan petugas akan memberikan bukti tanda terima.
Mudah sekali bukan? Itulah cara ambil kiriman COD di Kantorpos, jika ada yang ingin sahabat tanyakan atau komentar terhadap artikel ini jangan sungkan-sungkan silahkan isi di bagian input komentar mudah-mudahan kami segera dapat meresponnya.

13 Responses to "Cara Ambil Kiriman COD di Kantorpos"

  1. bagaimana saya menerima uang penjualan lewat cod.terimaksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uang penjualan COD akan dikirim oleh Kantorpos kepada penjual/ seller menggunakan Pos Giro Mobile silahkan pelajari artikel berikut ini :
      https://www.infokantorpos.com/2019/08/layanan-cod-cash-on-delivery-instan-via-kantorpos-dan-agenpos.html

      Delete
  2. Bagi penjual. Kapan dana masuk giro mpospay penjual? Kok lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya tidak lama, setelah pembeli membayar belanjaannya yang COD melalui pengantar kantorpos maka uang pembelian tersebut segera di proses oleh kantorpos kepada penjual/seller biasanya H+1 dari pembayaran. mudah-mudahan membantu

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Jika pesanan barang yang datang tidak sesuai, dalam sistem COD apa bisa dibatalkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibatalkan, tapi tidak bisa dibuka COD nya

      Delete
  5. bagaimana jika pembeli membatalkan pesanannya ketika barang sudah sampai? atua dengan kata lain pembeli kabur ? apakah ada kerugian untuk penjual ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu kelemahan COD adalah pembeli bisa saja membatalkan penerimaannya dan malah tidak mau mengambil barang... Dan kerugian dari pengirim adalah :
      1. Tidak kembali Ongkir
      2. Bisa saja produk yg dikirim menjadi rusak...

      tapi dengan COD pembelian bisa naik 40 sd 80 %

      selamat mencoba

      Delete
  6. Wilayah mana saja yang bisa cod pos? Atau bisa seluruh indonesia

    ReplyDelete
  7. Mau nanya nih kalau kita belanja online pengiriman lewat pos cod itu uang pembayaranya dikasih ke petugas kantor pos ya

    ReplyDelete
  8. Biaya admin utk penjual cod di pos,tolong dijelaskan,atau biaya adimin yg harus dibayarkan penjual utk cod di pos

    ReplyDelete
  9. Kalo dipelosok banget sampe belom ada di maps bakal nyampe gak ya?

    ReplyDelete