Cara Mudah Urus Surat Karantina Yang Dikirim Melalui Kantorpos dan Agenpos Untuk Produk Tumbuhan

Sahabat yang mengirim produk paket berupa bunga hidup, tumbuhan, daun-daun hijau, biji-bijian dan lainnya yang berasal dari tumbuhan dan mau dikirim lewat kantorpos dengan paket cepat pos express atau kilat khusus, wajib mengurus surat karantina untuk produk yang mau dikirim tersebut.
Surat karantina ini adalah wajib di lampirkan saat kiriman tersebut dikirim melalui Udara. Pihak Regulated Agen sesuai dengan peraturan yang ada akan memeriksa seluruh kiriman yang masuk ke pesawat dan memastikan kiriman yang harus memenuhi aturan wajib surat karantina tidak lewat begitu saja.
Source : Karantina Tanjung Pinang

Apabila surat karantina tidak dilampirkan pada kiriman tersebut maka bisa saja kiriman tersebut di tolak dan kembali kepada kurir yang mengirim. Lalu kurir yang mengirim akan mengembalikan kepada kita yang menjual atau pemilik paket tersebut. Berbeda dengan kurir yang memiliki jalur darat atau laut, maka paket akan tetap bisa dikirim namun dikirim lewat jalur darat atau laut seperti aturan yang berlaku di kantorpos.

Cara Mengirim Surat Karantina Untuk Paket Lewat Kantorpos

Saat ini di beberapa kantorpos besar sudah ada petugas karantina yang siap melayani pelanggan kantorpos untuk mengurus surat karantina. Namun belum tentu ada di kantorpos kota sahabat berada maka tentu saja silahkan langsung datang ke balai karantina tumbuhan yang terdekat di kota sahabat.

  1. Sebelum datang ke kantorpos sebaiknya sahabat datang ke kantor karantina tumbuhan dengan membawa paket tumbuhan atau bijian-bijian yang akan dikirim.
  2. Paket yang dibawa sebaiknya tidak di packing dahulu, ataupun kalau sudah dengan packingnya tidak di rapatkan atau di isolasi. Ini bertujuan untuk memudahkan petugas karantina memeriksa dan menentukan apakah kiriman tersebut bisa dikirim atau tidak. Apakah kiriman itu dilarang atau tidak.
  3. Apabila kiriman itu bisa dikirim maka petugas karantina akan membuat surat ketetapan dan menyerahkan surat itu kepada pengirim. Kemudian kode billing sebagai sarana untuk melakukan pembayaran biaya surat karantina tersebut.
  4. Apabila sahabat sudah di kantorpos maka segera lakukan pembayaran biaya tersebut dengan memberikan kode billing pada petugas loket kantorpos. Apabila mengurus di kantor karantina segera datangi kantorpos terdekat untuk membayar kode billing tersebut.
  5. Surat ketetapan karantina yang sudah dibuat harus dilampirkan pada kiriman, sebagian petugas kurir meminta untuk fotocopy sebagai pertinggal nantinya untuk petugas karantina di bandara.
  6. Selesai.
Berapa besaran biaya membuat surat karantina itu? semua tergantung dari tarif yang ada di pihak karantina. Namun sebagai gambaran saja saat artikel ini dibuat biaya untuk mengirim paket anggrek dari satu kota ke kota yang lain berkisar Rp 5.000,- sampai dengan Rp 15.000,-

Kerugian dan Keuntungan

Source : fb badankarantinapertanian
Kerugian saat kita tidak memiliki surat karantina maka kemungkinan paket yang dikirim akan gagal x-ray dan bisa jadi dikirim lewat darat. Namun terkadang dengan wewenang yang ada pada pihak karantina bisa saja kiriman produk tumbuhan atau bibit yang di anggap ilegal akan di musnahkan.

Keuntungan kiriman akan mudah diterima oleh petugas bandara dan biasanya lancar dan langsung bisa dikirim lewat pesawat sehingga kiriman paket menjadi lebih cepat.

Semoga menjadi referensi buat kita semua bagaimana Cara Mudah Urus Surat Karantina Yang Dikirim Melalui Kantorpos dan Agenpos Untuk Produk Tumbuhan. Jangan lupa klik share dan komentar jika ada yang ingin di tanyakan.

0 Response to "Cara Mudah Urus Surat Karantina Yang Dikirim Melalui Kantorpos dan Agenpos Untuk Produk Tumbuhan"

Post a Comment