Cara Kirim COD di Kantorpos Untuk Paket Jualan Online (Instan)


Cara kirim COD untuk paket jualan online di kantorpos ternyata sangat mudah, hanya dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini maka olshop sudah bisa memanfaatkan fitur COD yang ada di kantorpos. Kami menyebutknya COD Instan di Kantorpos, kenapa Instan? Karena pengirim dan kantorpos pos tidak perlu membuat perikatan kerjasama tertulis secara resmi agar kiriman COD itu bisa dilakukan (Mengenai COD yang harus membuat perjanjian kerjasama akan dibahas pada artikel lainnya).

A. Pastikan Sudah Memiliki Akun PGM

  1. Akun PGM = Pos Giro Mobile digunakan sebagai penampung dana COD yang nanti di bayar oleh Pembeli/Konsumen
  2. Apabila belum mempunyai Akun PGM silahkan ikuti caranya berikut ini : Cara Install dan Daftar Pos Giro Mobile Kantorpos atau bisa juga ke web lengkap seputar pos giro mobile.

B. Persiapan Paket COD Kantorpos

  1. Siapkan paket jualan online seperti biasa.
  2. Pada Label Kiriman WAJIB ditulis COD
  3. Buat dan Isi Invoice COD yang nanti akan digunakan sebagai bukti penagihan COD, contoh dapat dilihat seperti dibawah ini :


C. Proses di Loket Kantorpos

  1. Kiriman di kantorpos dikirim seperti biasa, pengirim menyebutkan bahwa kiriman ini adalah COD. Agar nanti petugas menambahkan tanda COD di Resi Kiriman baik itu berupa Cap COD atau Tulisan COD.
  2. Pastikan petugas loket kantorpos mengetahui bahwa kiriman itu adalah COD dan menyertakan Invoice kiriman COD bersama dengan Resi kiriman.
  3. Pengirim membayar sejumlah uang ongkir dan menerima bukti kiriman.

Sampai langkah C. berarti proses pengiriman COD di Kantorpos sudah selesai, sekarang tinggal bagaimana men cek bahwa kiriman tersebut, jika sudah sampai maka tinggal menunggu proses transfer Uang COD ke Rekening PGM pengirim.

Berikut beberapa hal yang perlu di perhatikan Dalam mengawasi Penerimaan Uang COD :

  1. Silahkan Lacak Kiriman di Lacak Kiriman Kantorpos
  2. Biasanya uang COD akan di transfer ke rekening PGM pengirim 1 sd 2 hari setelah paket diterima oleh Konsumen. 
  3. Jika dalam pelacakan paket sudah sampai dan dalam waktu 1 sampai dengan 2 hari belum juga diterima uang COD nya ke PGM maka Pengirim dapat mendatangi kantorpos terdekat (tempat dimana mengirim untuk mengajukan komplain).
Berikut Bukti Transfer Dari Kantorpos Bahwa Uang Sudah masuk di setor ke PGM :

Mau kirim COD Silahkan Kontak : 0812 7577 440 (Khusus wilayah Pekanbaru, Riau)

3 Responses to "Cara Kirim COD di Kantorpos Untuk Paket Jualan Online (Instan)"

  1. If you do not know www.smartessayrewriter.com/blog/where-to-find-arguments-for-your-essay, you need to follow the link and see how exactly it should be done.

    ReplyDelete
  2. Gampang sekali serasa tidak ada resiko bro. Persoalannya,. Bagaimana kalau paket yg di kirim di tolak oleh pembeli? Pengembalian Ongkir produk komplein dmn? Apakah paket yg ditolak bisa di kembalikan kpd penjual?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari komen ini ada 3 pertanyaan :
      1. Bagaimana Kalau Paket ditolak Pembeli ?
      2. Pengembalian Ongkir Produk Komplain Dimana?
      3. Apakah Paket yg ditolak bisa dikembali kepada Penjualnya?
      .
      Mari kita bahas :
      Untuk 1 dan 3, maka menurut kami jika paket ditolak pembeli maka akan dikembali kepada penjual atau pengirim, karena itu pastikan saat mengirim membuat nama, alamat yang jelas dan nomor hp yg aktif dan bisa dihubungi.
      .
      Untuk Nomor 3. COD itu ada 2 Sistem :
      1. Dibayar Harga Barang saja Oleh Pembeli, sedangkan Ongkir dibayar Oleh Penjual
      2. Pembeli Membayar Ongkir dan Sekaligus Harga Barang

      Mengenai ongkir yang ditolak tentu sesuai kesepakatan antara pos dan penjual : Bisa dikembalikan atau tidak sesuai dari kesepakatan awalnya. Silahkan hubungi kantorpos terdekat di kota anda.

      Delete