Perhatikan 7 hal Berikut Supaya Paket Tidak Rusak dikirim Melalui Kantorpos

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels


Kantorpos adalah perusahaan yang sangat berpengalaman dalam mengirim paket dan dokumen, berdiri sudah sejak dari zaman belanda sampai saat ini masih terus eksis melayanan pelanggan di seluruh pelosok negeri, bahkan bukan hanya domestik pengiriman paket juga sampai ke luar negeri. Setiap hari ribuan paket dikirim dari masing-masing kantorpos yang ada di berbagai daerah. Mulai dari paket kiriman pribadi, jualan online bahkan sampai kebutuhan dinas dan militer dikirim menggunakan layanan kantorpos.
Dalam proses pengiriman paket dari pelanggannya Kantorpos selalu berupaya paket tersebut diterima dengan baik tanpa ada kerusakan atau cacat ke tangan penerima. Namun terkadang faktor eksternal yang menyebabkan paket itu menjadi rusak. Misalnya : 

1. Jenis Paket

Perhatikan Jenis Paket yang dikirim, apakah membutuhkan perhatian ekstra atau tidak diantara paket yang membutuhkan penanganan khusus diantaranya :
  • Paket dalam bentuk cairan, elektronik atau barang pecah belah. Paket Jenis ini harus di packing betul-betul aman, misalnya paket berisi madu, maka harus dipacking berlapis : madu masuk jerigen atau botol khusus, dibungkus plastik, dibungkus lagi pakai karton, lalu dilapis dengan bublewarp. 
  • Intinya paket tersebut tidak mudah rusak kemasannya sehingga isi nya menjadi keluar dan dapat pula mengotori atau merusakan paket yang lain.
Beda halnya dengan benda padat atau kain maka cukup dengan plastik dan packing kardus / karton yang kuat sehingga diperkirakan tidak rusak di perjalanan.

2. Wadah Paket

Jangan menggunakan wadah atau tempat yang mudah pecah, Jika menggunakan kardus, maka pakailah kardus yang tebal. Dan usahakan paket tertutup rapat, sehingga tidak ada kemungkinan ada isi paket yang tercecer keluar.

3. Lapisan Pengaman Paket

Jika dibutuhkan maka bisa ditambahkan Buble warp yaitu sejenis pelapis dari plastik yang memiliki gelembung-gelembung udara yang berfungsi sebagai peredam dari getaran atau penahan benturan saat paket terjatuh atau bertubrukan dengan benda lain. stereofoam atau gabus juga bisa dijadikan media sebagai pelapis pengaman paket.

4. Jumlah Paket Yang Dikirim

Jika paket merupakan barang pecah belah maka kirimlah satu persatu-satu, sebaiknya tidak digabung, jika harus digabung maka beri pelapis pengaman diantara masing-masing paket. Jika memungkinkan tidak terlalu berat dalam 1 paket. Misalnya jika mengirim paket dengan berat 100kg, maka bagi paket tersebut menjadi 4 koli yaitu menjadi 25kg.

5. Daya Tahan Paket Terhadap Benturan

Jika paket yang dikirim memiliki daya tahan terhadap benturan benda keras atau terjatuh, maka tentu tidak perlu kita khawatirkan. Namun jika rentan rusak maka harus menjadi perhatian untuk memberi lapisan pengaman.

6. Masa Berlaku atau Expire Date

Paket yang mudah basi misalnya makanan dimasak, oleh-oleh, madu, rendang sebaiknya pilih yang produk yang tercepat dalam hal ini untuk kantorpos ada pos express. Namun jika produk pos express tidak menjangkau gunakanlah kilat khusus. 
Jika memilih paket biasa hanya digunakan untuk paket-paket yang tahan lama saja. Dan memang karena jangkauan transportasi tidak bisa cepat ke tempat tujuan.

7. Packing Luar

Ini adalah lapisan terakhir yaitu packing kayu, amankan ujung-ujung lancip dan tajam dari packing tersebut dengan melapis dengan kardus kembali. Biasanya jika terdapat bagian yang lancip dan tajam akan ditolak holeh pihak penerbangan jika paket dikirim dengan produk Pos Express atau Kilat Khusus yang menggunakan transportasi udara.
Jika tidak memungkinkan memakai Kayu pakailah packing yang kuat untuk melapisi paket-paket yang mudah rusak, misalnya seperti elektronik, figura, benda seni dan lain-lain.

Semoga dengan penjelasan diatas dapat membantu sahabat yang ingin mengirim paket melalui kantorpos dan bisa meminimalisir berbagai macam kerusakan yang mungkin terjadi. 7 hal yang perlu diperhatikan tersebut bisa dijadikan pedoman baik untuk kiriman pribadi maupun kiriman yang akan dijual (Online Shop). 



0 Response to "Perhatikan 7 hal Berikut Supaya Paket Tidak Rusak dikirim Melalui Kantorpos"

Post a Comment