Cara Mengirim Surat atau Dokumen yang Benar di Kantorpos dan Agenpos


Sahabat infokantorpos.com diseluruh Indonesia, pasti sudah sering mengirim surat atau dokumen di kantorpos dan agenpos terdekat. Kegiatan ini sahabat lakukan untuk berkomunikasi, mengirim berkas penting, atau mengirimkan lamaran kerja kepada tujuan penerima.
Namun tahukah sahabat??? sering kita melakukan kesalahan dalam mengirim surat atau dokumen terutama pada penulisan dan peletakan alamat penerima maupun alamat pengirim. Nah pada artikel kali ini kita akan coba menjelaskan bagaimana cara mengirim surat atau dokumen yang benar di kantorpos dan agenpos.

1. Cara Amplop atau Sampul Surat atau Dokumen

Pilih Amplop atau sampul yang sesuai dengan isi dokumen yang mau dikirim dengan memperhatikan :

  • Jika dokumen berisi surat-surat berharga misalnya seperti Ijazah, Surat Tanah, Sertifikat, BPKB, STNK, sebaiknya sebelum dimasukan kedalam Amplop masukan dahulu kedalam plastik kemudian di lem atau di seal agar tidak mudah basah.
  • Sesuaikan ukuran amplop dengan  dokumen yang mau dikirim, jika dokumen tidak boleh dilipat maka gunakan amplop yang besar dan kuat sehingga tidak mudah terlipat, sebaliknya jika dokumen kecil bisa juga menggunakan amplop yang kecil.
  • Pastikan amplop di ditutup sedemikian rupa sehingga dokumen yang ada di dalamnya tidak mudah keluar atau terlihat dari luar. Untuk memastikan hal tersebut amplop bisa di beri lem perekat, lalu di staples (pastikan tidak merusak isi kiriman), atau bisa juga pada bagian luar di lem menggunakan isolatif bening.

2. Cara Penulisan Alamat Penerima dan Pengirim

Ini adalah bagian yang sangat penting, sebab kesalahan penulisan alamat pengirim dan penerima bisa berakibat kiriman surat atau dokumen terlambat sampai atau bahkan tidak sampai sama sekali. Tidak jarang juga surat atau dokumen menjadi buntu (baca pengertian Surat Buntu).
Berikut Cara penulisan alamat penerima dan pengirim yang benar pada Surat atau Dokumen
Aturan Yang Sama Pada Amplop Kecil

a. Alamat Penerima 

  • Alamat penerima ditempatkan pada bagian depan sebelah kanan bawah surat atau dokumen (lihat gambar)
  • Alamat penerima secara detail harus memuat ; Nama Lengkap Penerima, Nama Jalan dan Nomor Rumah, RT/RW, Kelurahan atau Desa, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Propinsi, Kode Pos
  • No HP (Handphone) atau Telepon yang valid dan bisa dihubungi
Untuk Lamaran Sertakan Perihal Lamaran

 b. Alamat Pengirim 

Alamat Pengirim Juga Bisa di Belakang Surat
  • Alamat pengirim ditempatkan pada bagian depan sebelah kiri atas surat atau dokumen (lihat gambar)
  • Alamat pengirim secara detail harus memuat ; Nama Lengkap pengirim, Nama Jalan dan Nomor Rumah, RT/RW, Kelurahan atau Desa, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Propinsi, Kode Pos
  • No HP (Handphone) atau Telepon yang valid dan bisa dihubungi

c. No Handphone atau Alamat Social Media

  • Di Zaman kemajuan dunia teknologi sekarang ini, no handphone adalah hal wajib yang harus di sertakan baik pada alamat penerima maupun pengirim.
  • Sangat baik jika ditambahkan alamat atau akun sosial media yang digunakan, bisa email, nama akun,  dan lainnya.

d. Alamat Penerima PO BOX atau Lamaran Kerja

  • PO BOX adalah singkatan Post Office Box atau Kotak Pos, biasanya digunakan oleh perusahaan yang besar untuk keperluan membuka lamaran kerja, memudahkan alamat korespondensi dengan pelanggan atau mitra bisnisnya. PO BOX juga bisa digunakan oleh perorangan.
  • Posisi alamat penerima yang berupa POBOX tetap pada posisi di bagian depan surat di sebelah kanan bawah.
  • Pastikan menyertakan Kota dimana PO BOX itu berada, misalnya POBOX 8888 PEKANBARU, atau POBOX 8888 SEMARANG, mencantumkan kota sangat penting sebab akan menentukan kemana tujuan kota alamat penerima, jangan sampai salah sahabat.
  • Pada Surat Lamaran Kerja Jangan Lupa mencantumkan tulisan bahwa surat tersebut adalah LAMARAN KERJA dan Kode atau Posisi yang diinginkan.
Silahkan Juga Dibaca : Cara Kirim Surat Lewat POBOX di Kantorpos dan Agenpos

3. Memilih Jenis Kiriman Sesuai Kebutuhan

Setelah bagian 1 dan 2 selesai, tinggal sahabat kantorpos melakukan pengiriman surat atau dokumen langsung ke kantorpos dan agenpos terdekat, sesampai di kantorpos sahabat bisa memiliki jenis pengiriman yang tepat, sebagai bahan pertimbangan dapat diikuti sebagai berikut :
  • Pilihlah kiriman Premium seperti Pos Express sehingga kiriman tersebut lebih cepat sampai dan mudah dilakukan pelacakan.
  • Kiriman Kilat Khusus juga bisa dijadikan pilihan untuk mengirim surat atau dokumen dengan kemampuan jejak lacak dan jangkauan yang meliputi seluruh kecamatan dan kota di seluruh Indonesia.
  • Apabila kiriman adalah bersifat Undian atau hanya surat balasan biasa, maka jenis pengiriman menggunakan Prangko bisa menjadi pilihan.
Demikian panduan cara mengirim surat atau dokumen yang benar di Kantorpos dan Agenpos, semoga dapat memberi referensi buat sahabat yang ingin mengirim melalui Kantorpos dan Agenpos. 
Untuk layanan jemput kiriman Surat dan Dokumen Instansi yang berada di Wilayah Pekanbaru silahkan mengikuti link berikut : Gratis... Layanan Jemput Kiriman atau Pickup Service di Kantorpos

30 Responses to "Cara Mengirim Surat atau Dokumen yang Benar di Kantorpos dan Agenpos"

  1. wahhh jaman sekarang pasti jarang banget deh anak muda yang kirim surat lewat pos, mantap nih ilmunya. makasih yaa

    ReplyDelete
  2. apakah format penulisan juga sama ,jika ingin mengirim ke instansi pendidikan,contohnya kampus??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama.. Secara umum begitulah format penulisan baik untuk surat formal maupun surat pribadi Silahkan dicoba

      Delete

  3. Incredible points. Great arguments. Keep up the great spirit. netflix.com login

    ReplyDelete
  4. saya mau kirim surat lamaran kerja, asli saya brebes tp surat lamarannya saya buat di bekasi dan mau dikirim dari sini, jadi alamat mana yg harus saya tulis pada amplop suratnya? brebes atau bekasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya buat alamat domisili (dimana kita tinggal) sekarang saja... terima kasih

      Delete
  5. Gan saya mau mengirim Kemenhumkam Jawa timur untuk lamaran CPNS , bagaimana penulisan nya ?

    ReplyDelete
  6. surat lamaran yang dicontohkan kemenpan rb menggunakan kode formasi. Kode forasi itu dapat kita lihat dimana ya? apakah kode formasi sama dengan nomer formasi yang ada di surat pemberitahuan dari instansi?

    ReplyDelete
  7. Terimakasih bimbingan nya Pak 😁

    ReplyDelete
  8. bagamana caranya jika inggin surat lamaran kerjanya harus sampai di tujuan pada jam kerja pagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dalam satu kota silahkan kirim dengan pos express pada hari sebelumnya... Jika diluar kota juga kirim dengan pos express, namun biasanya untuk jam tidak bisa dipastikan oleh kantorpos

      Delete
  9. Kalau kita ingin mengirim sebuah dokumen kekantor pos.. apakah kita harus mendatangi kantor pos sesuai dengan wilayah kita tinggal ?? Atau bisa saja lewat kantor pos yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa langsung datang ke kantorpos mana saja, tidak harus berada di wilayah kita berada. Karena kantorpos itu satu jaringan dan bisa dikirim dari mana saja dan tujuan kemana saja di seluruh Indonesia.

      Delete
  10. suratnya diantar kurir atau kita sendiri yang mengambil di kantor pos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya diantar oleh kurir langsung kepada penerima, namun dalam beberapa kondisi kadang perlu kita jemput. misalnya saat alamat tidak jelas, atau alamat jelas tapi kita sedang di luar saat surat di antar...

      Delete
  11. Kalau kita ingin mengirim lamaran kerja via kantor pos , apakah kita harus mendatangi kantor pos terdekat sesuai kode dan wilayah tempat tinggal kita ? Atau bisa ke kantor pos diluar wilayah kita tinggal

    ReplyDelete
  12. Terima kasih infonya sangat jelas dan padat

    ReplyDelete
  13. Jika mengirimkan 2 surat di alamat yang sama ? Biaya kirim 1 atau 2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika pada fisiknya terpisah, maka surat tetap di hitung 2 biaya kirim... Agar jadi lebih ekonomis, maka harus di masukkan dalam 1 sampul lagi... dan di buat alamat yang sesuai dengan dituju... mudah-mudahan membantu...

      Delete
  14. Ukuran label nya berapa x berapa gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada ukuran baku untuk label alamat, itu menyesuaikan besar ruangan yg bisa di tulis atau di tempel.. tapi kalau mau visa buat seukuran 10 x 6 cm..
      Terima kasih

      Delete
  15. Izin bertanya. apakah setiap kita mengirim berkas melalui pos,dari pihak pos selalu memberikan cap sebelum berkas dikirim? Saya mengirim berkas pendaftaran beasiswa melalu pos dan di persyaratan nya harus ada cap pos.tetapi kemarin saya lupa menanyakan nya dgn petugas. Apakah pos selalu memberikan cap sebelum mengirim berkas????

    ReplyDelete