Layanan COD (Cash On Delivery) Instan Via Kantorpos dan Agenpos

Source : Pexels.com

Kantorpos semakin memanjakan pelanggannya dengan memberikan layanan COD yang bersifat instan atau langsung. Layanan COD Instan ini memudahkan penjualan dan pembeli dalam bertransaksi terutama transaksi yang dilakukan secara online. Kenapa disebut instan? Sebab penjual tinggal datang ke kantorpos atau agenpos terdekat dan meminta kepada petugas untuk mengirim paket jualan onlinenya dengan layanan COD langsung tanpa harus membuat semacam perjanjian kerjasama.

Apa Keuntungan Layanan COD di Kantorpos ?

a. Keuntungan Bagi Penjual (Seller)

  1. Meningkatkan penjualan. Banyak sekarang pembeli yang ingin menggunakan layanan COD karena mereka ingin langsung membayar saat barang sudah mereka terima dengan alasan tertentu. Dengan adanya layanan COD pembeli akan semakin banyak karena toko online nya menjadi terpercaya.
  2. Keamanan transaksi. Jika penjual yang langsung melakukan COD bisa jadi kurang aman karena kondisi pembeli belum di ketahui dan kemungkinan tempatnya juga jauh. Hujan, panas, macet dan kondisi lainnya. Selain itu juga menghindari ancaman perampokan dan penipuan jika ternyata yang pesan COD itu hanya main-main saja. Uang hasil transaksi akan langsung di transfer pada hari yang sama dengan menggunakan layanan Pos Giro Mobile.
  3. Keamanan barang yang dikirim. Paket jualan online yang dikirim melalui layanan COD dijamin sepenuhnya oleh kantorpos, maksudnya disini jika terjadi kerusakan dalam proses pengiriman penjual tidak perlu merasa khawatir karena sudah ada asuransinya.
  4. Kecepatan dalam pengiriman. COD adalah layanan prioritas terutama untuk kiriman dalam kota, dengan tiga pilihan layanan yaitu : (1) Same Day Service = diterima pada hari yang sama, (2) Express = diterima maksimal keesokan harinya H+1, (3) Kilat Khusus = Diterima 2 sampai dengan 3 hari. Tentunya dengan tarif yang berbeda dan sangat kompetitif.

b. Keuntungan Bagi Pembeli (Buyer)

  1. Mudah dan Aman dalam membayar. Saat paket diterima dan dilihat kondisinya langsung bisa membayar secara tunai (cash) kepada pak pos, jadi tidak tertipu kalau ternyata dikirim barang yang salah. Dan tanpa harus mentransfer via bank.
  2. Bisa menerima barang dengan cepat. Pilihan bisa pada hari yang sama, keesokan harinya atau paling lambat lusa.
  3. Bisa menentukan tempat dan waktu pengantaran kiriman. Terkadang pembeli tidak berada di tempat saat kiriman mau diantar maka pembeli dapat membuat janji di mana nantinya paket untuk dia diantar.
Bagi yang tertarik untuk mendalami Ilmu tentang COD bisa mengunjungi Link : Tingkatkan Penjualan Online dengan Membuka Layanan COD buat Pelanggan.

Cara Layanan COD Kantorpos 

Ya... cukup dengan mendatangi outlet atau loket kantorpos maka kiriman sudah bisa dilakukan layanan COD tersebut. Lalu bagaimana cara detail untuk mendapatkan layanan tersebut ? ini langkah-langkahnya.
  1. Pembeli dan Penjual sepakat bahwa pembayaran di lakukan dengan cara COD
  2. Penjual mengontak petugas kantorpos atau datang ke loket kantorpos untuk mengirim barang dan meminta fasilitas COD. Lalu prosedur penerimaan barang/paket COD akan dilakukan oleh petugas kantorpos.
  3. Jika Penjual ingin membuat rincian dari paket COD nya, maka Penjual/Pengirim Membuat Invoice/Kuitansi COD, biasa kuitansi ini disediakan Kantorpos dimana mengirim COD tersebut. Diisi Data yang dibutuhkan. atau bisa juga membuat via aplikasi QPosin Aja.(Klik : Cara Install Aplikasi QPosin Aja)
  4. Pengirim membayar ongkos kirim kepada petugas penerima atau melalui loket kantorpos, atau bisa juga ongkos kirim tersebut di gabung dengan harga barang dan dipotong saat kiriman sudah berhasil antar.
  5. Petugas Kantorpos mengantar kiriman COD kepada pembeli sesuai dengan pilihan layanan yang digunakan.
  6. Setelah berhasil uang COD yang diterima oleh petugas kantorpos dari pembeli akan dikirim atau di transfer oleh Kantorpos kepada penjual melalui Rekening Pospay (Pos Giro Mobile). (Klik : Cara Install Pos Giro Mobile Kantorpos)
Mudah sekali kan? ayo gunakan layanan COD Kantorpos yang bersifat instan ini tanpa harus membuat perjanjian kerjasama yang rumit dan tentu saja dengan layan ini penjualan anda akan meningkat dengan fantastis.
Untuk Wilayah Kota Pekanbaru Layanan COD Kantorpos dapat menghubungi nomor kontak di bawah ini :

Kontak Layanan COD Kantorpos : 0812 7577 440 (Khusus Daerah Pekanbaru - Riau)

34 Responses to "Layanan COD (Cash On Delivery) Instan Via Kantorpos dan Agenpos"

  1. Kecewa masa saya udh bolak balik ke kantor pos terdekat tepatnya kantor pos cibadak,ciampea,kab.bogor..ongkirnya ttp hrs pengirim yg byr,gak bisa byr di tempat konsumen,kl gitu bukan COD namanya ongkir pengirim yang hrs byr..kecewa kecewa dgn pelayanan pos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh memang cod seperti itu ongkir yang bayar yang beli kecuali kalau penjual itu memberikan gratsi ongkir kk beda lagi KK hanya bayar barangnya aja berarti pahammm

      Delete
    2. betul... ada berbagai trik dalam COD :
      1. Ongkir sudah termasuk harga barang (artinya pembeli sekalian membayar ongkir)
      2. Ongkir dibayar oleh penjual
      .
      mudah-mudahan membantu...

      Delete
    3. mf newbie . kalau d gabung berarti waktu menyerahkan barang ke petugas kita tidak mengeluarkan uang kah?

      Delete
  2. untuk pencairan dana kira kira butuh berapa lama ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman biasanya dana cair pada hari dimana kiriman COD itu diserahkan kepada pembeli atau maksimal H+1 dari penyerahan paket... jika ada masalah silahkan hubungi kontak kantorpos

      Delete
  3. Aku kirim barang ke sleman dan jaktim dr tgl 30 november.. Knp sampai skrng uang blm masuk ke saya yaa.. Pdhl status pengiriman sdh diterimaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Admin kox gak di reply yg kya gini,, pingin tau jawaban admin apa,,, soalnya saya juga seperti itu,, barang sampai tp uang belum masuk..

      Delete
    2. Silahkan datangi kantorpos tempat mengirim, komplain disana.. karena mereka yg akan koordinasi dengan kantor tujuan. Atau kontak 161..
      .
      Kode area plus 161 itu nomor cs pos.
      .
      Semoga membantu

      Delete
  4. Cara rubah tipe rekening biar jd reguler gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk verifikasi dan keamanan pos giro mobile, maka pemilik rekening datang ke kantorpos terdekat untuk merubah rekening menjadi reguler.

      Delete
  5. Saya baru coba pakai pos cod,kalau misal barang sudah di terima custamer terus berapa lama uang masuk ke rekening? Saat paket sudah di terima atau masih menunggu lagi.terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya uang COD masuk pada hari yg sama atau maksimal h+1 dari penyerahan paket, pastikan menggunakan rekening Pos Giro Mobile untuk proses pencairannya... berikut cara install pos giro mobile :

      https://www.infokantorpos.com/2019/08/cara-install-pos-giro-mobile-kantorpos.html

      Delete
  6. Semisal paket sudah dikirim .dan dari si pihak customer g mau bayar alesan gada uang bagai mana min? Atau misal barang di cencel g jadi beli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya akan dikembalikan kepada pengirim, kalau pengirim belum bayar ongkir maka akan diminta ongkir pengembaliannya... atau kesepakatan lain yang telah ditetapkan sebelumnya dengan kantorpos Tks

      Delete
  7. Ini gimana barang udah sampe tapi uang belum masuk PGM kan kesel, 😪😪

    ReplyDelete
  8. Saya baru pertama kali menggunakan layanan cod. Saya sudah mengirim barang ke customer, cuma di status lacak kirim kok "kiriman ditahan" maksudnya apa ya? Apakah barang sudah diterima customer atau belum

    ReplyDelete
  9. Min info dong, kalau misalkan dana tidak kunjung masuk ke rekening giro kita, padahal paket uda diterima, kira kira penyebabnya apa ya? apakah pencatatan bermasalah atau sampai ada ke arah kurirnya mencuri uang hasil cod nya? Soalnya kalau di ekspedisi lain, sempet ada info, kurir bs bawa kabur uang hasil cod gt loh, apakah di pos yg milik bumn, hal ini jg terjadi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama kita harus positif dulu bahwa mungkin ada kendala sehingga uang cod belum masuk.
      kemudian untuk masalah ini ada baiknya membuat pengaduan langsung ke kantorpos dimana kiriman COD itu dikirim, nanti biasanya petugas yang memproses kiriman akan meneruskan pengadukan ke bagian terkait dan kantorpos tujuan. Semoga membantu

      Delete
  10. apabila brg yg di pesan tiba tiba terjadi pembatalan atau pihak pembeli tak mau menerima krn alasan tertentu sedangkan brg sdh terlanjur terkirim, yg saya tanyakan apa brg trs kembali ke penjual lagi atau bgmn? dan apa kerugian di pihak penjual? trims atas penjelasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya akan dikembalikan kepada pengirim, kalau pengirim belum bayar ongkir maka akan diminta ongkir pengembaliannya... Tks

      Delete
  11. ada biaya tambahan COD nggak ?
    Selain ongkos kirim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu kami jika COD Instan tidak ada, namun kalau COD memakai aplikasi kemungkinan ada biaya handling.. terima kasih

      Delete
  12. Min mau tanya jangkauan pengiriman cod kantor pos sudah bisa sampai mana aja ya min? Sudah bisa seluruh indonesia atau masih kota2 besar aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada prinsipnya bisa di seluruh wilayah yang bisa dijangkau oleh kantorpos, yang penting saat mengirim pastikan petugas loket mengetahui bahwa kiriman tersebut adalah COD dan jangan lupa melampirkan invoice/form COD nya di kiriman...

      Delete
  13. Min tlg dong untuk pos cod yg sudah teriklan ke seluruh Indonesia sgera di realisasikan masa sya kirim ke luar pulau 6kali dtolak trus diloket dengan alasan hanya berlaku dpulau jawa karna saya ada di jateng dan di tujuan yang akan saya kirim belum terdaftar atau blm ada aplikasi COD dan dikhawatirkan uang tidak masuk ke PGM (lalu kalau itu COD dan tdak masuk ke PGM uang tersebut kemana?).sedangkan ketika saya menyatakan siap dengan ongkir sya hangus dan retur apabila tdak dterima pembeli tetap saja tdak mau mengirimkan dengan alasan ini itu.kan aneh klo ky gtu mnurut saya sih.tlg dbls min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diinformasikan ini di kantor mana mengirimnya... kemungkinan mengirim melalui agenpos yang belum tahu tentang COD, untuk mengirim COD sudah bisa dilakukan di seluruh kantorpos, dan rekening penampung uang COD wajib menggunakan Pos Giro Mobile.. Tks

      Delete
  14. Kalo kita sudah punya akun cod kantor pos , misalkan kita mau ngirim bisa lewat pos cabang ga,apa mesti ke pusat lagi ?

    ReplyDelete
  15. Di palembang sudah ada fasilitas pos cod nggak kk?

    ReplyDelete
  16. Kalau semisal sy order barang tapi setelah barang sy buka, barang tidak sesuai, barang tersebut bisa dikembalikan lagi ke penjualnya tidak ya?

    ReplyDelete
  17. Apakah daftar cod bisa di lakukan seluruh indonesia

    ReplyDelete
  18. kak. tolong dijawab. saya kirim barang harga barang 100. ongkir 15rb. saya pilih di tangung pembeli. total cod 115. tapi waktu saya kirim ke kantor pos, saya di suruh bayar ongkos kirim. itu gimana ya, apakah sudah betul. apa saya rugi ongkir

    ReplyDelete
  19. Kak saya sudah daftar akun di kantor pusat kudus apa saya bisa ngirim paket cod di cabang demak?

    ReplyDelete
  20. Saya sudah 2x pakai cod pos, yg jd pertanyaan, lokasi sy kan d jember, untuk kirim cod apa hanya sekitar jember atau seluruh Indonesia bisa kirim cod nya?

    ReplyDelete