Download File Formulir Invoice COD Via Kantorpos dalam Format Microsoft Word

Bagi pedagang online atau online shop mengirim jualan atau produk dengan fasilitas COD saat ini menjadi suatu keharusan. Karena banyak sekali pelanggan yang lebih menyukai pembelian atau pembayaran barang dengan menggunakan COD. Untuk itu kami akan berbagi sebuah artikel mengenai Download File Formulir Invoice COD Via Kantorpos dalam Format Microsoft Word.


Artikel ini akan membantu sahabat semua dalam menyiapkan Formulir Invoice COD yang telah siap untuk digunakan atau dipakai dalam pengiriman paket jualan COD. 
Secara garis besar COD adalah singkatan dari Cash On Delivery, dimana Jualan Online akan dibayar oleh pembeli saat produk itu telah sampai kepada pembeli, sehingga memudahkan mereka dalam proses pembayaran secara tunai dan tidak lagi butuh transfer kepada penjual.
Sebenarnya kantorpos telah menyediakan fasilitas COD jika sahabat semua telah menginstall aplikasi QPosin, namun kadang karena alasan ingin cepat maka sahabat bisa menggunakan fasilitas COD manual (Kami Menyebut : COD Instan) untuk mengirim barang jualan tanpa harus login dahulu ke QPosin.
Sahabat bisa mendownload File Formulir Invoice COD di bagian bawah artikel ini, namun sebelum mendownload silahkan pahami terlebih dahulu bagian-bagian yang harus di isi dari Invoice tersebut.

1. Tujuan Pembuatan Invoice COD
Invoice COD adalah formulir yang digunakan untuk menyatakan bahwa kiriman tersebut adalah kiriman yang bersifat COD. Formulir ini harus ada beserta dengan resi pengiriman paket, sehingga menjadi satu kesatuan yang memuat data-data yang berhubungan COD tersebut.

2. Memahami Bagian-bagian dari Formulir Invoice COD
Setelah kita mengetahui Tujuan pembuatan formulir COD selanjut mari kita pahami bagian-bagian dari formulir invoice COD tersebut :
  1. Header, biasa berisi logo kantorpos dan Nama kantorpos cabang atau pusat tempat dimana kiriman COD itu berasal
  2. Data Penerima, Berisi Nama Lengkap, Alamat Jelas dan No HP Penerima 
  3. Keterangan Barang, Disini menjelaskan Nama Paket COD yang dikirim, Jumlah, harga satuan dan harga total, sejumlah ongkir dan juga jika ada biaya Handling
  4. Rekening Penampung, ini biasanya wajib ada, yaitu sebagai Rekening untuk menampung uang hasil penjualan COD paket yang berhasil dikirim atau diantar oleh Pak Pos kepada Pelanggan Olshop. Rekening ini dalam bentuk Rekening Giro atau Pospay. Untuk mendapatkan nomor rekening ini sahabat harus menginstall dan membuat akun pospay.
  5. Tanda Tangan. Terdiri dari Tanda Tangan Pengirim/Penjual, Tanda Tangan Petugas Pos dan Tanda Tangan Penerima/Pembeli
Setelah memahami hal tersebut diatas maka sahabat sudah bisa mengirim Paket COD kepada pelanggan dan mohon dipastikan untuk tetap menyertakan Invoice COD dalam setiap kiriman paketnya. Untuk memudahkan sahabat kami telah membuatkan format dalam bentuk Microsoft Word dan sahabat bisa mendownload dibawah ini :
Setelah file tersebut diatas berhasil di download silahkan di extract terlebih dahulu dengan password : infokantorpos.com
Kemudian sesuaikan data-data yang ada misalnya header menjadi kantorpos tempat sahabat biasa mengirim, masukkan nomor rekening giro atau Pospay yang ada di aplikasi pospay sahabat.
Demikian artikel ini dibuat, semoga dapat menjadi referensi bagi sahabat yang berjualan online atau memiliki olshop yang kemudian pelanggannya meminta agar kiriman paket jualannya dikirim menggunakan fasilitas COD Melalui Kantorpos. Jangan lupa jika ada hal yang ingin ditanya bisa berbagi di bagian komentar. 

0 Response to "Download File Formulir Invoice COD Via Kantorpos dalam Format Microsoft Word"

Post a Comment