Inilah 2 Jenis COD Pos yang dilayani di Kantor Pos



Secara umum kita semua mengetahui bahwa COD adalah sistem pembayaran saat barang atau paket diterima ditempat. Demikian Pula di Kantor Pos yang sekarang ini melayani COD Pos yaitu Sistem pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat setelah pesanan barang di terima dari Pak Pos oleh Pembeli.

Namun tahukah sahabat ternyata sistem COD Pos itu ada dua yaitu

  • COD adalah transaksi pengiriman paket dimana nominal COD ditagihkan ke Pembeli atau Penerima paket. Maksudnya pembeli hanya membayar seharga paket atau produk yang dibeli nya saja, dan tidak membayar ongkir. Dalam hal ini yang membayar ongkir adalah Penjual atau pengirim paket.
  • CCOD (connote+COD) adalah transaksi pengiriman paket dimana nominal ongkos kirim ditambah COD (Harga barang atau produk) ditagihkan ke pembeli atau penerima paket.
Walaupun ada dua sistem COD tersebut, dalam hal ini Pengirim atau Penjual tetap harus membayar Tarif Kiriman atau Ongkir saat mengirim barang di Loket Kantor Pos. Dan ini tentu menjawab pertanyaan sahabat infokantorpos.com bahwa : "Siapa yang membayar ongkir saat barang COD dikirim?" maka jawabannya adalah Penjual.
Mantap Juga dibaca : Cara Mudah COD Pos di Kantorpos

Namun jangan khawatir, bukankah ini sesuai kesepakatan antara Penjual dan pembeli dimana :

  • Jika memilih COD, maka pembeli hanya membayar harga barang saja, sedangkan ongkir ditanggung oleh penjual, dalam trik penjualan ini akan menarik lebih banyak pembeli. Karena mereka di beri ongkir gratis dan bisa mendapatkan fasilitas COD.
  • Jika memilih CCOD, maka pembeli membayar harga barang + ongkir, namun penjual tetap membayarkan ongkir terlebih dahulu, dan nanti setelah proses COD Pos selesai maka ongkir tersebut akan kembali bersama harga barang ke dalam rekening Pospay.

Kemana Uang COD Pos Masuk ?

Uang COD Pos akan masuk ke rekening giropos yang biasanya bisa di akses melalui Aplikasi Pospay Mobile. Jika sahabat belum mendaftar Pospay Mobile bisa mengikuti tautan berikut ini :
Demikian artikel tentang Inilah 2 Jenis COD Pos yang dilayani di Kantor Pos, semoga dapat memberikan referensi buat sahabat yang menggunakan fitur ini dalam berjualan online. Jangan lupa share kepada sahabat kita yang lain.

0 Response to "Inilah 2 Jenis COD Pos yang dilayani di Kantor Pos"

Post a Comment