Cap Tanggal Pos, Pengertian dan Kegunaan



Pernah lihat Cap Tanggal Pos ? Atau pernah mendengar istilah Cap Pos? dua istilah memiliki makna yang hampir sama dan esensi nya berbeda. Cap Tanggal Pos adalah Fisik dari cap itu sendiri. Sedangkan Cap Pos adalah istilah dari Tanggal pengeposan yang harus ada tanda hasil dari cap tanggal pos. 

Pengertian Cap Tanggal Pos

Cap pos pertama kali diperkenalkan oleh Kepala Kantorpos Inggris yaitu Jenderal Henry Bishop. Cap Tanggal Pos adalah Sebuah Cap yang terdiri dari Tangkai dan Kepala Cap yang terbagi atas Tanggal, Bulan, Tahun dan Jam, Kantor Kirim, dan Nomor dari Cap Tanggal Tersebut.

Fisik Cap Tanggal Pos

Di Indonesia bentuk fisik dari Cap tanggal secara umum terbagi dua bagian yang besar yaitu : Tangkai yang biasanya terbuat dari kayu bahan yang nyaman untuk di pegang. Dan bagian lain yang itu kepala yang biasanya terbuat dari besi atau logam yang kuat. Pada bagian kepala ini terdapat Nama Kantor Pos, Kode Dirian. Jam, Tanggal, Bulan dan Tahun yang bisa di ubah-ubah sesuai kebutuhan.



Pada bagian kepala cap tentu saja akan sangat unik, karena lain kantor maka lain pula nama kantornya, kemudian juga ada kode tertentu dari setiap cap tanggal yang ada, dan ini membedakan bagian yang menggunakannya.

Untuk Apa saja digunakan

Cap Tanggal Pos pada awalnya digunakan untuk menentukan tanggal pengiriman sebuah kiriman pos, baik itu surat/dokumen atau pun paket/barang. Cap Tanggal di bubuhkan atau di cap pada kiriman saat pertama kali di pos kan. Sehingga nantinya akan diketahui berapa lama kiriman tersebut berada dalam proses Kantorpos dan sampai ke penerima.



Dan dalam perkembangannya cap tanggal pos digunakan untuk :

  • Pengesahan dokumen atau surat-surat kantorpos
  • Untuk menandai pengiriman dokumen atau surat tercatat (register), mensahkan kiriman, mematikan bea prangko, mematikan bea meterai, sehingga jika sudah ditandai dengan cap tanggal tidak lagi bisa digunakan.
  • Mengetahui Kantor kirim, jam kirim, tanggal kirim, bulan kirim bahkan tahun kirim dari surat dan paket atau dokumen lainnya.

Kirim Lamaran Anda di Kantorpos Dengan "Cap Pos"

Mungkin sahabat pernah mendengar Sub Judul diatas, nah maksud dari Cap Pos disini adalah diberi Cap Tanggal Pos pada Kiriman Amplop surat lamaran pada tanggal pengeposan (dikirim). Biasanya ada batas waktu pengiriman misalnya 1 Minggu dari Tanggal terbitnya pengumuman lamaran. Atau Tanggal akhir yang ditetapkan oleh Instansi atau perusahaan yang menetapkan. 

Jika tidak ada cap pos atau cap pos melewati dari tanggal kirim maka lamaran bisa saja saja langsung di tolak oleh admin yang bersangkutan.

Demikian artikel Tentang Cap Tanggal Pos, Pengertian dan Kegunaan. Semoga bisa menjadi referensi untuk sahabat semua seputar Cap Tanggal Pos. Jangan lupa share artikel ini kepada sahabat kita yang lain, jika ada hal yang ingin di diskusikan bisa langsung ke bagian komentar ya.

0 Response to "Cap Tanggal Pos, Pengertian dan Kegunaan"

Post a Comment