Berapa Lama Kirim Paket Lewat Kantorpos

Pos Indonesia semakin memanjakan pelanggannya dengan memberikan fitur estimasi berapa lama kiriman paket lewat kantorpos bisa sampai ke tangan penerima. Ditengah persaingan yang begitu ketat dalam bisnis jasa kurir maka kantorpos bisa menginformasikan kepada pelanggan perkiraan waktu yang dibutuhkan sebuah paket jika dikirim lewat kantorpos.
Ada beberapa jenis paket yang bisa dipilih jika sahabat mengirim lewat kantorpos, masing-masing jenis paket itu berbeda harga, fitur dan lama waktu pengirimannya, jenis paket tersebut adalah :
  • Pos Instan / Q9 Lamanya Pada hari yang sama atau H+0
  • Pos Express / PE lamanya 1 hari dari waktu pengiriman atau H+1
  • Pos Kilat Khusus / PKH lamanya 2 sd 4 hari atau H+2 sd H+4
  • Paket Jumbo Ekonomis (PJE) lama 5 sd 7 hari atau H+7
  • Paket Pos Biasa lamanya 7 sd 14 hari
Jenis-jenis paket tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

Pos Instan (Q9) 

Memiliki lama pengiriman maksimal jam 9 malam sehingga bisa dipastikan jika tidak ada kendala yang berat akan sampai pada hari yang sama atau maksimal jam 9 malam. Kiriman ini sangat cocok bagi pengiriman di dalam kota atau city courier. Pengiriman dokumen penting, barang dagangan yang harus sampai cepat dan dikirim pada hari yang sama. 
Persyaratan kiriman ini tentu saja adalah persyaratan umum kiriman pos, dan nama penerima, alamat penerima serta nomor hp penerima wajib jelas dan bisa dihubungi agar pengiriman betul-betul akurat dan langsung di terima.

Pos Express (PE)

Terkenal dengan kiriman satu hari sampai, biasanya membutuhkan waktu tempuh atau lama kiriman maksimal hanya 1 hari saja. artinya hari ini dikirim maka besok sudah diterima. Ini biasanya untuk wilayah yang ada jalur transportasi langsung tanpa transit. Misalnya Medan ke Jakarta. Jakarta Ke Surabaya. Pekanbaru Ke Jakarta. 
Paket tersebut dikirim maksimal jam 12.00 siang, biasanya akan ikut pada penerbangan pertama dan sampai malam hari ke kota tujuan, jadi pagi atau siang besok nya sudah langsung bisa diantar. 
Kiriman ini sangat cocok untuk paket-paket yang dibutuhkan cepat, seperti dokumen penting, jualan online makanan basah, seperti mpek-mpek, durian atau makan lain yang masih tahan 1 sd 3 hari.

Pos Kilat Khusus (PKH)

Pos Kilat Khusus adalah jenis kiriman standar kantorpos, lama waktu pengiriman paket biasanya 2 sampai dengan 4 hari. meliputi hampir seluruh wilayah Indonesia, dari kabupaten sampai kecamatan. Kecuali untuk daerah-daerah yang jauh dari pusat kota atau pusat transportasi biasa membutuhkan tambahan waktu sekitar 1 sd 2 hari lagi.
paket kilat khusus ini jika ada jalur udara maka akan di teruskan lewat jalur udara, dan jika hanya darat maka akan dilewatkan melalui transportasi darat tercepat.

Paket Jumbo Ekonomis (PJE)

Lama kirim paket lewat paket jumbo ekonomis di estimasikan maksimal 7 hari kerja, ini sangat cocok bagi sahabat yang ingin mengirim paket dalam ukuran jumbo, diatas 20 kg namun ingin harga yang lebih hemat dibawah paket kilat khusus. 
Jika memungkinkan paket ini akan di lewatkan melalui udara, namun jika tidak akan di teruskan lewat darat selama masih tercapai waktu yang lama pengiriman yang ditetapkan yaitu 7 hari kerja.

Paket Pos Biasa 

Layanan paket pos biasa adalah layanan pos universal, layanan ini hanya lewat darat dan laut, mencapai titik terjauh di seluruh Indonesia. 
Tarifnya lebih ekonomis, biasanya tersedia di kantor-kantor pusat pos di seluruh Indonesia. minimal pengiriman adalah 2 sd 3 kg.

Catatan Untuk Paket PJE dan Paket Pos Biasa :

Dua jenis paket tersebut mempunyai waktu pengiriman yang relatif lama karena hal itu maka harus diperhatikan oleh pengirim :
  • Penerima di kota tujuan tidak meminta kiriman paket agar buru-buru sampai ke tangan mereka, jadi harus maklum ini adalah paket yang biasa.
  • Jangan mengirim makanan atau produk yang mudah basi, busuk dan cepat kadaluarsa, sehingga layanan ini hanya cocok untuk mengirim paket selain itu, misalnya kain, plastik, kertas, besi atau produk lainnya yang lebih tahan lama.
  • Jika paket ada resiko rusak, retak atau pecah, maka pengirim wajib untuk mengamankannya dengan mempacking aman dan memberi pengaman tambahan sehingga bisa nanti di asuransi oleh kantorpos.
  • Simpanlah nomor resi dengan baik, sehingga nanti jika ada masalah dengan kiriman bisa di komplain ke kantorpos
  • Kiriman menjangkau seluruh wilayah Indonesia, bahkan daerah terpencil, pastikan penerima di cantum nomor hp aktif dan kalau bisa hp alternatif, agar bisa dihubungi saat proses menyerahkan kiriman kepada si penerima.
  • Tidak berlaku untuk pengiriman ke luar negeri, untuk pengiriman keluar negeri dibahas di bagian lain website ini (Klik : Ini Dia Layanan Kiriman Luar Negeri Melalui Kantorpos)
Setelah tahu berapa lama kirimi paket lewat Pos Indonesia, tentu saja kawan-kawan ini tahu berapa tarif atau ongkir dari kiriman paket tersebut. Untuk mengetahui tarif kirim kantorpos silahkan sahabat semua merujuk ke tautan dibawah ini :

Kenapa Paket Kantorpos Kadang Lama Baru Diterima, Padahal kirim pakai Pos Cepat.

Banyak faktor yang menyebabkan kiriman terlambat sampai ke penerima, secara normal seluruh kiriman akan diterima tepat pada waktu yang diperkirakan diatas. Namun bisa saja terlambat antara lain sebab :
  • Permasalahan di transportasi seperti kerusakan, perubahan jadwal keberangkatan udara atau laut, kemacetan, kecelakaan dan bisa jadi karena bencana alam.
  • Overload kiriman, bisa terjadi di bandara atau pelabuhan, volume yang banyak menyebabkan petugas pos harus mengantar yang kiriman dahulu datang dan demikian seterusnya.
  • Kesalahan dalam penulisan, nama, alamat, nomor hp atau salah satunya tidak lengkap. 
  • Dan masalah lain yang sifatnya menyebabkan kiriman jadi terlambat.
Demikian artikel tentang Berapa Lama Kirim Paket Lewat Kantorpos, mudah-mudahan bisa memberi referensi buat sahabat semua yang ingin mengirim paket melalui kantorpos.

0 Response to "Berapa Lama Kirim Paket Lewat Kantorpos"

Post a Comment