Cara Kirim Jengkol dan Petai Keluar Negeri Melalui Kantorpos

Apakah bisa mengirim jengkol dan petai keluar negeri melalui kantorpos? Jawabannya bisa ! Namun tentu saja dengan kondisi tertentu. Kenapa harus mengirim dua jenis makanan tersebut berikut penjelasannya.

Jengkol dan Petai adalah makanan favorit di Indonesia diluar negeri makanan ini disebut "The Stinky Beans", hampir seluruh rakyat Indonesia mengetahui rasa dan aromanya. Ada yang suka namun ada juga yang kurang suka karena dua makanan ini memiliki aroma yang luar biasa "sedap". Baik sebelum dikonsumsi ataupun setelah di konsumsi. Berbagai macam makanan khas bisa menjadi lebih istimewa jika di campur dengan jengkol dan petai. 
Disebagian tempat jengkol dan petai sering dimakan mentah sebagai lalapan menemani makan nasi, namun di daerah yang lain berbagai macam makan dan cemilan dibuat dari itu, mulai dari keripik, keringan, campuran gulai bahkan makan untuk oleh-oleh.
Bagi warga Indonesia yang tinggal di luar negeri biasanya makanan ini sangat mereka rindukan, para pekerja migran (TKI), pelajar, bisnis ataupun perorangan dan keluarga sering memesan makanan yang mengandung jengkol dan petai untuk dikirim ke alamat mereka di luar negeri. 
Pos Indonesia sebagai penyedia layanan pos nasional dan internasional adalah pilihan utama sebagai kurir yang bisa melakukan pengiriman makanan tersebut. Ada berbagai macam pilihan dalam mengirim makanan keluar negeri diantaranya adalah :
  1. Express Mail Service (EMS), produk kiriman yang paling cepat antara 4 sampai dengan 5 hari, bisa mengirim Dokumen dan Paket, bahkan sampai dengan berat 50 Kg. Layanan ini bersifat premium dan bisa menjadi pilihan Utama.
  2. Paket Cepat Internasional, produk kiriman cepat keluar negeri menggunakan Moda Udara dengan waktu tempuh 5 sampai dengan 10 hari, merupakan layanan keluar negeri yang lebih ekonomis dibandingkan EMS.
  3. Paket Biasa Internasional, Lebih ekonomis dan melayani banyak pengirim ke seluruh negara di Dunia namun ini menggunakan Moda laut dengan waktu tempuh 10 sampai dengan 30 hari.
  4. Pos Tercatat atau International Registered, Layanan tercatat sampai dengan berat 5kg, produk ini bisa disebut paling hemat untuk kiriman keluar negeri, namun waktu tempuh cukup lama sekitar 30 hari.
Lalu produk mana yang dipilih dan bagaimana cara mengirim dan aturan terkait kiriman tersebut jika kita ingin mengirim makanan khususnya Jengkol dan Petai? mari simak terus artikel ini :

a. Dikirim Pakai Apa ?

Untuk makanan seperti Jengkol dan petai yang ingin dikirim melalui kantorpos sebaiknya dikirim menggunakan Layanan EMS, karena layanan ini sangat cepat dan diperlakukan secara prioritas. Ini untuk menghindari terlalu lama kanan berada diperjalanan dan mengakibatkan busuknya makanan tersebut, dari aromanya yang sedap dan akan semakin sedap jika tidak berhasil sampai atau di retur dari negera tujuan.

b. Cara Mengirim

  1. Usahakan tidak mengirim dalam bentuk mentah (belum di olah menjadi makanan), jika dikirim dalam bentuk mentah akan banyak persyaratan tambahan diantaranya surat karantina.
  2. Jika dikirim dalam bentuk makanan upayakan sudah kering, misalnya seperti rendang yang sudah dikeringkan dan tidak terlalu berminyak. Atau keripik dan olahan lainnya.
  3. Bungkuslah dalam plastik yang kuat, lalu masukkan plastik tersebut dalam wadah (bisa bekas kaleng susu, tupperware atau wadah yang kuat), tutup dan kunci wadah lapisi dengan plastik dan ikat. Masukan wadah tersebut dalam Karton lalu lapisi dengan Buble warp jika ada. Jika tidak ada pastikan tutup dengan selotip karton diseluruh permukaan.
  4. Saat sudah yakin kiriman aman dan tidak lagi bocor, maka cantumkan nama, alamat dan no telpon penerima lengkap dan detail dalam huruf latin (dilarang memakai tulisan China, Kanji atau Arab). Demikian juga nama, alamat dan no telpon pengirim harus lengkap. (ini cara menulis alamat yang benar)
  5. Bawa kiriman tersebut ke kantorpos atau agenpos dan datangi loket pengiriman, biasanya petugas loket akan menanyakan apa isinya dan jika dibutuhkan mereka akan membuka kiriman, informasikan kepada petugas loket kantorpos dan minta untuk memperbaiki kembali paket yang sudah dibungkus / dipack dengan baik apabila dibuka oleh petugas Kantorpos atau Kantorpos.
  6. Petugas akan menginput data ke sistem kantorpos dan memberitahukan jumlah uang ongkos kiriman yang harus dibayar.
  7. Bayarlah sebesar ongkos kirim dan nanti petugas pos akan memberi resi sebagai bukti pengiriman dan juga bukti untuk melakukan pelacakan. (ini cara melakukan pelacakan kiriman luar negeri)

c. Aturan Khusus mengenai  pengiriman Jengkol dan Petai ke Luar Negeri Melalui Kantorpos

  1. Taiwan / TW, negara ini tidak mempermasalahkan import keduanya, namun bukan berarti bisa dikirim sebanyak2 nya lho ya..ini karena statusnya adalah Restricted / Dibatasi jumlahnya, ini bisa dilihat dari pantauan selama ini pengiriman dalam jumlah banyak malah timbul masalah, mulai dari kiriman dikembalikan atau disita oleh pihak bea cukainya. Lalu yang boleh kita kirim berapa dong? Untuk Petai hanya sampai dengan 100 batang / paket, sedangkan utk Jengkol sekitar 1 kg sd 2 kg saja, jika lebih dari itu maka akan muncul resiko seperti yang disebutkan diatas.
  2. Korea Selatan / KR, sampai dengan saat ini blm ada masalah dengan pengiriman jengkol dan petai, jadu silakan dikirim dgn batasan sd 30 kg (jgn lebih dari 30kg, krn otomatis akan diproses via EMS Jumbo)
  3. Hongkong / HK, sama spt Korea Selatan. 
  4. Negara diatas adalah negera favorit pengiriman "The Stinky Beans" lalu bagaimana dengan negara lain ? Secara umum bisa dikirim asalkan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.
  5. Jika dikirim dalam bentuk mentah (belum di olah menjadi makanan yang dimasak) maka wajib mengikuti aturan pengirim bijian-bijian dan tumbuhan yaitu harus memiliki surat ijin karantina. Apabila tidak ada surat ijin tersebut maka tidak bisa.

Nah dengan penjelasan tentunya bisa menjawab pertanyaan dari sahabat infokantorpos.com di seluruh Indonesia apakah bisa atau tidak mengirim jengkol dan petai keluar negeri. Bagi sahabat yang berada di luar negeri silahkan minta kepada sanak famili yang berada di dalam negeri Indonesia untuk mengirim dua makanan favorit tersebut yah. Jika bermanfaat jangan lupa komen dan share artikel ini ya...


2 Responses to "Cara Kirim Jengkol dan Petai Keluar Negeri Melalui Kantorpos"