Cara Aman Kirim Dendeng Lewat Kantorpos




Bagi sahabat yang ingin mengirim Dendeng di Kantorpos ternyata caranya sangat mudah, dengan mengikuti penjelasan yang ada di Artikel Cara Aman Kirim Dendeng Lewat Kantorpos, maka sahabat semua bisa berbagi Dendeng kepada sanak famili atau sahabat di kota lain. 
Menurut wikipedia Dendeng adalah daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Hasilnya adalah daging yang asin dan setengah manis dan tidak perlu disimpan di lemari es. Dendeng adalah contoh makanan yang diawetkan.
Banyak sahabat yang memanfaatkan pembuatan dendeng agar daging bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama, karena jumlah yang berlimpah saat event tertentu misalnya seperti Hari Raya Keagamaan yaitu Hari Raya Idul Adha, atau acara-acara budaya dan adat istiadat lainnya. Secara umum dendeng bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu :
  1. Dendeng basah 
  2. Dendeng Kering



Dendeng basah dibuat untuk konsumsi cepat langsung disajikan dan bisa bertahan hanya dalam waktu singkat, untuk daerah bersuhu sedang dan panas bisa bertahan 2 sampai dengan 3 hari. Sedangkan di daerah bersuhu dingin masih bisa bertahan 3 sampai dengan 4 hari, tergantung proses penyimpanannya.
Dendeng kering, relatif bisa disimpan lebih lama, menurut wikihow :"Menyimpan Dendeng Sapi atau Membekukannya. Simpan dendeng di suhu ruang selama maksimal 2 bulan. Jika tekstur dendeng sudah benar-benar kering, Anda bisa menyimpannya di atas meja dapur atau di dalam lemari dapur selama maksimal 2 bulan."
Nah kembali kita ke Judul artikel yaitu : Cara Aman Kirim Dendeng Lewat Kantorpos, caranya hampir sama dengan mengirim makanan lainnya, ini berlaku untuk dendeng kering, namun nanti akan berbeda caranya kalau kita mengirim dendeng basah. jadi mari kita bahas satu per satu ya...


1. Cara Kirim Dendeng Kering Lewat Kantorpos.

Dendeng kering bisa kita buat sendiri atau bahkan dibeli pada tempat penjualan yang ada, tentu saja jika di tempat penjualan sudah diberi pembungkus.


  • Siapkan Dendeng yang mau dikirim, masukan kedalam kemasan plastik kemudian seal/tutup rapat, bisa dengan merekatkan menggunakan api, memakai seal, atau juga mengikatknya dengan karet.
  • Lalu masukan dendengn yang sudah dalam plastik tersebut kedalam wadah tertutup atau karton yang tebal, pastikan tidak ada ruang disela-selanya misalnnya dengan menambah kain, kertas atau buble warp, lalu lapisi wadah atau karton dengan kertas, atau bisa langsung di tutup kuat dengan isolasi kertas.
  • Beri Nama Pengirim, HP Pengirim dan Alamat Pengirim. Selanjutnya Buat Nama Penerima, HP Penerima dan Alamat Penerima.
  • Datang ke Kantorpos, petugas akan cek isi barang, menimbang berat, menginput data dan memberitahukan jumlah yang harus dibayar. Jika sahabat setuju maka paket akan diproses dan sahabat tinggal membayar sejumlah uang ongkir yang telah ditetapkan lalu mendapatkan bukti pengiriman pos atau resi pos.
  • Selesai dan sangat mudah.

2. Cara Kirim Dendeng Basah di Kantorpos.

Dendeng basah biasanya adalah dendeng yang sudah dalam bentuk lauk pauk yang sudah siap untuk di konsumsi. Biasanya sangat identik dengan makanan yang berminyak, seperti dendeng balado, dendeng batokok yang disajikan dengan cabe hijau segar. Untuk pengiriman ini perlu penanganan khusus. Kenapa? karena ada resiko minyak yang ada bersama dendeng bisa merusak kiriman lain, karena merembes atau meleleh keluar saat proses pengiriman. Untuk itu perlu diperhatikan cara mengirimnya yang benar.


  • Siapkan Dendeng basah, siapkan plastik kuat untuk pembungkus, jika perlu dua lapis, masukkan dengan kedalam plastik dan kemudian ikat kuat dengan karet atau rekatkan dengan kuat sehingga tidak ada minyak yang meleleh bahkan merembes.
  • Siapkan wadah yang kuat, bisa kaleng roti, atau kotak plastik yang ada tutupkan, masukkan dendeng yang telah di dalam plastik tadi ke wadah tersebut, beri penyangga agar tidak goyang di dalam itu, dan tutup rapat, kemudian kunci dengan isolasi.
  • Selanjutnya lapis ketiga adalah masukan ke dalam karton yang tebal dan bungkus lagi, dan kemudian kunci lagi dengan Isolasi. Jika perlu tambahkan buble warp.
  • Wajib, Beri Nama Pengirim, HP Pengirim dan Alamat Pengirim. Selanjutnya Buat Nama Penerima, HP Penerima dan Alamat Penerima.
  • Datang ke Kantorpos, petugas akan cek isi barang, menimbang berat, menginput data dan memberitahukan jumlah yang harus dibayar. Jika sahabat setuju maka paket akan diproses dan sahabat tinggal membayar sejumlah uang ongkir yang telah ditetapkan lalu mendapatkan bukti pengiriman pos atau resi pos.
  • Selesai, memang ada sedikit perhatian khusus, pada plastik bungkus pertama dan wadah kuat agar minyak tidak merembes atau meleleh.
Nah, bagi sahabat yang ingin mengirim dendeng, sekarang tidak perlu ragu lagi, ikuti cara bungkus atau packing yang aman seperti diatas, lalu datangi kantorpos atau agenpos terdekat, kiriman bisa dikirim ke penerima di kota tujuan.

Tips Mengirim Dendeng Lewat Kantorpos.

  • Mintalah Jenis pengiriman tercepat, yaitu Pos Express (kiriman satu hari sampai), atau minimal Kilat Khusus (3 sampai dengan 4 hari).
  • Usahakan mengirim sebelum jam 12.00 siang agar bisa berangkat pada hari yang sama, kadang kalau mengirim sore, baru bisa dapat berangkat pada pesawat pagi besoknya.
Demikian Artikel Cara Aman Kirim Dendeng Lewat Kantorpos, semoga dapat bermanfaat dan jadi referensi buat kita semua, jangan lupa share atau bagikan kiriman ini kepada saudara kita yang lain. Jika ada hal yang ingin didiskusikan silahkan di bagian komentar.

0 Response to "Cara Aman Kirim Dendeng Lewat Kantorpos"

Post a Comment