Apakah Kiriman Paket Pos Bisa Sampai Sebelum Hari Raya Idul Fitri ?



Sahabat mungkin ada yang bertanya apakah kiriman paket melalui kantorpos bisa sampai sebelum Hari Raya Idul Fitri ? Jawabannya bisa "Ya" bisa Juga 'Tidak". Untuk itu mari simak artikel berikut ini.
Menjelang Hari Raya Idul Fitri biasa masyarakat di Indonesia melakukan Tradisi Mudik, mudik adalah tradisi pulang kampung dengan tujuan untuk berlebaran atau merayakan hari raya bersama sanak keluarga di kampung halaman.
Ada yang melakukan mudik di dalam satu provinsi, antara provinsi, di satu pulau dan bahkan antar pulau. Moda transportasi yang digunakan juga bermacam-macam, ada transportasi darat, laut dan udara. Untuk transportasi darat, ada yang menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan angkutan umum. Untuk kendaraan pribadi ada yang memakai mobil dan sepeda motor.
Tidak ketinggalan barang bawaan, mulai dari Kue-kue lebaran, pakaian lebaran, bahkan ada juga yang membawar pernak pernik lainnya. Intinya adalah pulang dengan bersukacita, berkumpul bersama keluarga dalam merayakan Hari Lebaran Idul Fitri.
Kantorpos memberikan kemudahan bagi sahabat semua dalam membawa barang bawaan agar tidak kerepotan di jalan, yaitu dengan mengirim Paket Pos, Paket Pos bisa dikirim dengan Produk paket cepat atau paket ekonomi. Masalahnya sekarang apakah paket-paket yang dikirim itu bisa sampai sebelum lebaran. 

Bisa dijawab "Ya" apabila dikirim dengan kondisi berikut :

  • Dikirim Maksimal 10 hari sebelum lebaran atau hari raya, Ini dengan memperhatikan jarak tempuh dan produk yang digunakan. Jika Paket yang dikirim menggunakan Paket Kilat, maka estimasi sampai adalah 3 sd 4 Hari. Namun bisa juga sampai Maksimal 7 hari jika antar pulau yang jauh, misalnya dari Sumatera ke Papua. 
  • Gunakan Produk Paket Kilat, Karena biasanya akan dikirim menggunakan Moda Udara. Jika menggunakan Paket Ekonomis tentu akan lebih lama estimasi sampai bisa 7 sampai dengan 10. 
  • Jika Mengirim dengan Paket Ekonomi, usahakan lebih awal lagi misalnya 15 hari sebelumnya.
  • Untuk jarak yang dekat dan ada penerbangan maka waktu bisa lebih mepet maksimal 7 hari atau 1 minggu sebelum Lebaran.

Bisa dijawab "Tidak" apabila dikirim dengan keadaan seperti berikut :

  • Jarak antar pulau dan menggunakan paket ekonomi, misalnya dari Sumatera ke Natuna, dikirim dengan paket ekonomi. Jika dikirim 1 Minggu sebelum lebaran maka di khawatirkan "Tidak" sampai sebelum lebaran.
  • Waktu yang terlalu dekat dengan Lebaran, misalnya 2 atau 3 hari, kecuali hanya jarak antar propinsi dan dalam satu pulau, maka masih bisa di usahakan sampai segera.
Kantorpos selalu berusaha untuk mengantar kiriman yang dikirim baik sebelum lebaran bahkan mepet waktu dengan lebaran, demikian juga setelah lebaran. Bahkan di waktu libur pun ada antara atau petugas tetap bekerja mengantar paket pos nya. 
Namun sering terjadi adalah beberapa hal berikut yang menyebabkan keterlambatan pengantaran di masa Hari Raya Idul Fitri :
  • Angkutan Pihak Ketiga, seperti Kapal Laut, Pesawat Udara, terjadi kepadatan Barang dan Penumpang, biasanya yang didahulukan adalah penumpang.
  • Prediksi atau kondisi jalan yang macet selama arus mudik lebaran juga memperlambat proses pengantaran atau paket sampai ke kantorpos tujuan,
Banyaknya paket yang mau diantar, maka akan di lakukan secara estafet dan tetap memperhatikan prioritas antaran.

Jadi kesimpulannya

Jika sahabat ingin mengirim paket pos dan diharapkan sampai sebelum lebaran maka usahakan jauh-jauh hari mengirimnya di kantorpos, atau kalau sudah agak mepet gunakan layanan Paket Kilat, sehingga bisa di prioritaskan dan diangkut dengan moda yang tercepat misalnya dengan pesawat ke alamat tujuan keluar kota.
Mudah-mudahan bermanfaat, semoga artikel ini menjadi referensi buat kita semua, jangan lupa jika ada hal yang ingin ditanyakan 

0 Response to "Apakah Kiriman Paket Pos Bisa Sampai Sebelum Hari Raya Idul Fitri ?"

Post a Comment